Minggu, 11 Juni 2023

Beli Mobil Keluarga Pilih RWD atau FWD

Ilustrasi Mobil untuk Keperluan Kerja atau Keluarga (foto koleksi bernadaindo)



Menentukan pilihan membeli mobil untuk keperluan keluarga atau bekerja sehari-hari boleh juga mempertimbangkan jenis mobil yang berpenggerak (gardan) depan atau berpenggerak roda belakang.

RWD adalah mobil berpenggerak roda belakang dan FWD sebaliknya atau berpenggerak roda depan.

Bagi kelas mobil keluarga menurut pengalaman saya mengemudi dan mengendarai mobil yang paling baik disesuaikan dengan kondisi rute dan tempat tinggal kita.

Jika kita bertempat tinggal di daerah pegunungan,perbukitan kondisi jalan yang masih belum bagus,banyak nanjak dan naik turun,sebaiknya memilih tipe mobil berpenggerak belakang atau RWD.

Jenis mobil RWD memang sedikit boros bahan bakar dibanding FWD,tetapi menghadapi jalan jelek dan naik turun cenderung stabil dan lebih kuat menghadapi tanjakan.

Jika rumah dan rute sehari-hari perjalanan kita banyak di tempat datar dan kondisi jalan umumnya bagus,atau di perkotaan yang meskipun banyak turunan atau tanjakan tetapi di kota pada umumnya kondisi jalan bagus,memilih beli mobil tipe FWD,berpenggerak roda depan lebih baik,selain itu bahan bakar juga relatif lebih irit dibanding kendaraan RWD.

Demikian menurut pengalaman penulis dilihat dari dimana kita tinggal,di daerah atau tempat lebih sering kendaraan digunakan.

Pada dasarnya mobil jenis apapun tidak masalah,mobil zaman sekarang sudah maju teknologinya sehingga pada umumnya aman dan nyaman dipakai pengendara.

Selamat membeli mobil baru..!

0 comments: