Rabu, 28 Juni 2023

Jadi Orang Baik?

Sering bingung,darimana memulai jadi orang baik ?

Ya,dari diri sendiri.Awali dari niat yang baik,pikiran baik,semangat yang baik dan berakhlak baik atau mulia.

Jadi manusia berakhlak mulia...! Manusia yang sempurna tentu tidak akan ada,kecuali Nabi kalau menurut keyakinan Islam.

Tapi secara umum manusia sempurna hampir mustahil,selalu akan ada kesalahan yang disengaja atau tidak disengaja.

Dari hal kecil dan keseharian saja,kita bisa memulai untuk berusaha jadi orang baik,agar hidup kita bahagia.

Bahagia dan bisa membahagiakan orang lain,bermanfaat untuk alam semesta,dengan begitulah hidup akan bermakna.

Mari batasi ukuran bahagianya,yaitu bahagia dan tidak sengsara hidup di dunia ini,dengan usaha kita menjadi orang baik.

Bisa dimulai dari diri sendiri,menerima diri sendiri saat ini,misalnya sekarang Anda sebagai apa,sedang jadi apa...?

Mungkin kamu sekarang sedang jadi suami atau sedang jadi istri...? Maka jadilah suami yang baik,jadilah istri yang baik.

Anda mungkin sedang jadi Mahasiswa,wartawan,pelajar,pejabat,bupati,walikota,camat,RT,pengusaha,sopir,pembantu,cleaning servis,manajer,petani,peternak,sedang jadi caleg,sedang jadi legislatif,sedang jadi polisi,tentara,hakim,jaksa,sopir angkot,tenaga kesehatan,penjaga toko,sedang jadi apa anda saat ini.....?

Mulai dari situ,jadilah polisi yang baik,jadilah pejabat yang baik,jadilah ojek onlen yang baik,jadilah ibu rumah tangga yang baik,jadi pedagang yang baik,pengusaha,sopir angkot,peternak,sopir taksi bahkan pensiunan jadilah orang baik....!

Berakhlak mulia,tidak sombong,gemar menolong,tidak iri dengki,tidak dzhalim,tidak berkhianat,bertutur kata dan bertingkah laku sopan santun,adil dan bijaksana,sayang dan bertanggungjawab kepada sanak keluarga,membayar hutang jika punya hutang sampai lunas,bersikap dan bergaul baik dengan tetangga,dengan siapapun.

Tidak merugikan dan tidak merepotkan orang lain,suka membantu yang sedang kesusahan,itu contoh hal-hal yang membuat hidup bisa jadi orang baik,dan untuk hidup bisa bahagia.

Terlalu luas dan panjang jika dibahas untuk menjadi orang baik.

Mungkin Anda bisa belajar dan tambah wawasan dari sumber lain,dan saat ini sangat terbuka untuk mencari pengetahuan apapun termasuk cara menjadi orang baik.

Dan yang paling penting langsung diamalkan,langsung praktek jadi orang baik.Setumpuk ilmu kebaikan setinggi studi Anda dengan keilmuan kebaikan jika tidak diamalkan percuma saja,tumpukan ilmu yang tidak diamalkan sama saja nilainya dengan maaf-sampah- yang tak berguna,bahkan untuk diri sendiri pun tak ad manfaat jika tidak diamalkan tidak dipraktekkan.

Mulai dengan jadi suami yang baik,jadi istri yang baik,jadi boss yang baik bagi pegawai Anda.

Perhatikan orang terdekat,bantu dan jadilah bermanfaat bagi mereka.

Teruuusss...meluas dan melebar,menebar kebaikan,mulai berbuat baik untuk diri sendiri,untuk keluarga,untuk warga sekampung,seDesa,kota,negara,bangsa,dan menebar kebaikan kepada alam semesta bukan saja kebaikan kepada sesama manusia saja,tetapi tebar kebaikan ke alam semesta,lingkungan dan sekitarnya,....mari rasakan praktekan dan buktikan Anda akan hidup bahagia.

*Disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman hidup penulis.Wallohualam.

0 comments: