Senin, 26 Juni 2023

Ingin Hidup Selamat Tenang dan Bahagia

Doa sapujagat di kami kaum muslimin adalah Doa Selamat,yang artinya "Ya Alloh berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat,serta selamatkan lah kami dari siksa api neraka".

"Rabbana atina fidunya Hasanah wafilakhirati Hasanah waqina adabbannar"

***

Hidup di dunia ini yang kita cari adalah segala kebaikan,hal yang baik-baik baru kita akan merasakan kebahagiaan yaitu tidak disiksa dalam penderitaan atau neraka.

Dalam Islam jika ingin selamat dan bahagia dunia akhirat cukup kita harus bertaqwa.Muslimin dan Muslimat,mukminin dan mukminat,jika ingin selamat dan bahagia,hendaknya kita bertaqwa.

Taqwa artinya tidak melakukan hal yang dilarang Tuhan dan mengerjakan apa yang diperintahkan Tuhan.

Cara dan ilmu taqwanya ada pada syariat dengan segala perlengkapannya,yang disebut syariat agama Islam.

Itu secara keyakinan,cukup bertaqwa dan hidup akan bahagia.

Dalam keseharian ketika masih hidup,aplikasinya dalam sehari-hari bila kita ingin hidup dan mati dengan bahagia,cukup jadilah orang baik.

Lakukan hal yang baik-baik saja,lakukan hubungan kepada Tuhan dengan baik melalui ritual ibadah sesuai syariat yang lurus dan benar.

Juga lakukan hubungan dengan sesama makhluk terutama sesama insan dengan baik pula,termasuk berhubungan baik terhadap alam semesta.

Karena ketika hidup di dunia hukum alam berlaku,siapa yang menanam kebaikan sekecil apapun maka balasan yang akan didapat adalah kebaikan dan hal yang baik-baik.

Pun,sebaliknya jika berbuat buruk atau jahat kepada manusia dan alam semesta maka balasan karma buruk pun akan didapat sesuai amal kejahatannya.

Jika kita berbohong pasti kita akan dibohongi orang,jika kita suka iri dengki dan dhzalim ke sesama maka yang didapat adalah hal serupa,keburukan yang akan didapat.Ini salah satu contoh sifat dan perbuatan baik atau buruk maka balasannya sesuai dengan amal kita.

Hukum karma akan terjadi pada apapun yang kita perbuat selama masih di dunia ini.

Karma baik akan berakibat baik,sebaliknya perbuatan buruk akan mendapat karma buruk pula.

Jika kita mau hidup bahagia dan selamat dunia akhirat,teruslah berusaha dan beramal yang baik-baik.

Jadilah orang baik..maka hidup dan mati kita akan baik-baik juga.Sunatulloh demikian terjadi ke kehidupan nyata saat ini.

Jadi tidak usah menyalahkan pihak lain jika saat ini sedang seperti bernasib buruk,sengsara,menderita,dan semacamnya karena jika kita renungkan mungkin saja pada masa lalu,amal dan perbuatan kita terlalu banyak berbuat hal yang buruk-buruk atau jahat kepada sesama.

Terus bagaimana agar keluar dari penderitaan dunia jika sedang dilanda hal demikian,bernasib buruk...?

Bertaubat, teruslah berusaha dan beramal baik,jadilah orang yang baik....! Pasti balasan kebaikan akan merubah dari nasib jelek kepada bernasib bagus atau bahagia.

Jadilah orang baik ....!

Wallahu Alam 

0 comments: