Selasa, 08 Januari 2013

Mengantuk?Berbahaya Jika Sedang Mengemudi

Istirahat sebentar setiap perjalanan ketika sudah menempuh 200 km,akan membantu perjalanan usaha dan ikhtiar kita lancar dan semoga selamat.(foto koleksi ;bernadaindo.com)

Urusan meninggalkan dunia atau mati adalah Takdir Tuhan.Namun tidak ada salahnya jika kita tetap menjaga keselamatan diri dan orang lain ketika sedang berikhtiar ketika masih hidup,untuk selalu selamat sampai tujuan.Terutama ketika mengemudikan kendaraan bermotor,seperti menyetir mobil.

Banyak kasus kecelakaan tabrakan atau peristiwa maut hanya karena pengemudinya mengantuk.Jelas ini bukan musibah secara sebabnya,tetapi nyata-nyata sebuah kelalaian si pengemudi.Sudah mengantuk masih tetap mengendarai mobil,tindakan yang lalai sekali bukan ?

Obat untuk mengusir rasa mengantuk di perjalanan,ketika berposisi sebagai sopir tidak ada obat yang mujarab untuk mengatasinya.Apalagi sudah lelah dari awal keberangkatan atau terlalu sudah menempuh jarak yang panjang dan lama.

Pengalaman saya sebagai "anak jalanan atau menyetir mobil",obat yang paling mujarab mengusir ngantuk ketika menyetir adalah Berhenti,Istirahat dan Tidur sebentar.Selain cara itu hampir semua cara mengusir ngantuk ketika menyetir mobil,saya rasa tidak ada yang terbaik.

Menghindari rasa ngantuk hadir di tengah perjalanan memang banyak cara preventif di awalnya.Seperti jangan menyetir mobil dalam keadaan perut kosong (lapar) atau sebaliknya jangan terlalu penuh mengisi perut karena kedua hal tadi bisa mengundang rasa kantuk datang di jalan.

Atau jangan makan dan minum yang banyak mengandung susu,lemak dan protein ketika mau berangkat bermobil.Atau jangan menyetir dalam keadaan lelah apalagi dalam pengaruh mabuk minuman beralkohol.

Itu semua hanya bisa mengurangi rasa kantuk saja,namun tidak menyembuhkan ngantuk dengan tuntas.Jarak perjalanan yang jauh,lama duduk di kursi jok yang empuk,hawa AC yang menerpa tubuh,akan menambah hadirnya rasa mengantuk selama menyetir semakin berat.

Tetap saja cara mujarab yang paling ampuh mengusir dan paling aman menyembuhkan kantuk ketika menyetir mobil adalah cara di atas tadi.Istirahat,Tidur dulu,rebahan,dan bila memungkinkan mandi atau cuci muka dengan air yang segar.

Jika sudah mengantuk ketika sedang mengemudi mobil,sebaiknya jangan biarkan diri dan mobil kita jadi celaka karena "kelalaian' kita mengabaikan rasa kantuk itu.

Segera hentikan mobil anda,menepi,istirahat,cuci muka,dan usahakan mandi,sebelum meneruskan perjalanan anda.

Selamat beraktivitas,semoga selamat sampai tujuan,terima kasih sudah membaca.


1 comments:

Artikelnya sangat inspiratif gan. Mari perangi kantuk selama berkendara!