Senin, 14 Januari 2013

Melaju Lebih dari 150km per jam?Bahaya.Tapi di Sini Bisa Gan!

Jalan Raya Gurun Saudi yang mulus,lingkungan yang sepi,mobil yang kondisinya baik,dan jauh dari perkotaan serta keramaian manusia ,jarak yang jauh-jauh ratusan kilometer.Membuat mobil di tempat-tempat tertentu terpaksa harus dipacu di atas 150km per jam.(Foto:Koleksi admin.Pengalaman pribadi).

Memacu mobil dengan kecepatan tinggi di jalanan biasa dan lalu lintas umum adalah berbahaya,apalagi dipacu di jalanan tanah air (Indonesia).Namun di jalanan perkampungan dan sekitar gurun Saudi,memacu di atas 150km/jam bisa kita coba.

Resiko di-Tilang oleh Polisi bisa saja terjadi,atau kalau di perkotaan akan ditangkap kamera satelite dan segera dikejar polantas .Dan polantas sini rata-rata tidak bisa disuap di tempat,atau kalau mereka sama-sama kenal dan kesalahannya tidak fatal,hanya diingatkan saja kemudian berlalu setelah "melantik' memperingati bahwa kita jangan terlalu ngebut.

Memacu mobil dengan kecepatan yang tinggi lebih dari 150km/jam di jalanan pedalaman Saudi,sepertinya sudah jadi kebiasaan umum.Padahal di marka kecepatan tetap tertulis kecepatan maksimum adalah 120km/jam.

Beberapa hal yang membuat hal ini bisa terjadi,memacu mobil di atas 150km/jam,di perkampungan dan sekitar gurun pasir, sbb:

1.Kondisi jalan yang mulus,jarang belokan tajam,datar,dan bebas lobang-lobang berbahaya.

2.Lebar jalan di jalur one way sekalipun rata-rata lebih dari 6 meter.

3.Tidak ada pengendara yang bersepeda motor dan jarang khewan liar masuk ke area jalan raya.

4.Kondisi di sepanjang jalan gurun sepi,jarang ada perkampungan penduduk yang padat dan bisa dikatakan tidak ada manusia atau khewan yang melintas.

5.Rata-rata mobil yang dipakai oleh Warga Saudi yang melintas,kebanyakan mobil mahal,canggih dan dalam kondisi yang bagus.Jadi peluang tabrakan karena mobil di depan kita mogok mendadak sangat kecil.Walaupun kasus tabrak mobil mogok suka terjadi,tetapi tidaklah sesering di tanah air.

6.Jarang macet karena padatnya lalu lintas,paling macet sesaat jika ada pekerjaan jalan atau kecelakaan lantas di depan kita.

7.Jarang ada tebing yang runtuh atau jalanan rusak berlubang jadi meskipun di jalanan kampung tetapi serasa di jalan tol saja.

8.Mereka memacu dengan kecepatan tinggi,didukung oleh performa mobil-mobil mereka yang rata-rata mobil mewah,mahal,canggih dan berumur masih di bawah lima tahun setelah keluar dari Dealer.

Berikut ada gambar-gambar jalan raya sepanjang Riyadh- Al Kharj (150km dari Riyadh).

Disarankan jika di tanah air untuk tidak banyak ngebut di jalan umum selain di sirkuit,karena kondisi jalan dan lingkungan kita berbeda dengan di jalanan Gurun Saudi misalnya.Jalan raya di kita,banyak manusia,khewan,belokan tajam,jalanan rusak,sempit,tanjakan ,turunan tajam serta kepadatan lalu lintas yang sesak.Mengemudi di jalanan tanah air harus ekstra hati-hati.

Harap sering kita mengingat hal ini bahwa,resiko mengemudi mobil itu adalah bisa membunuh diri kita dan orang lain dalam hitungan detik saja.Jika kita lalai mengemudinya.











Semua koleksi foto di postingan ini adalah milik dan koleksi www.bernadaindo.com.Untuk ilustrasi tulisan saudara,dipersilahkan menggunakannya gratis dengan menulis link ke blog kami.Terima kasih.



0 comments: