Minggu, 20 Januari 2013

14 Hal ini Bisa Membantu Keselamatan Mengemudi di Jalan

Penyebab kecelakaan lalu lintas terbanyak adalah kelalaian si pengendaranya,human eror.Mungkin pengendaranya sebagai seorang yang bodoh,kelelahan,stress,grasa-grusu,terserang penyakit ketika mengemudi,belum terampil nyopir tapi sudah ke jalan raya bahkan karena sombong dan mengabaikan aturan mengemudi yang baik dan benar.

Intinya,semua itu adalah bentuk kelalaian pengendara ketika di jalan raya.Kadang untuk menutupi kesalahannya, rasa sombong selalu ada dengan tidak mengakui kalalaian yang dilakukannya di jalan raya.Ketika sudah mencelakai orang lain mereka suka mengatakan: "Oh,itu memang sudah nasibnya atau takdirnya".Padahal sebenarnya sang oknum ceroboh mengendara sebelumnya.

Berbagi kali ini,maaf bukan hendak menggurui.Sama sekali tidak,hanya saling mengingatkan saja,barangkali ada manfaatnya,sesuai pengalaman saya selama hidup di jalanan.Mati dan hidup,selamat dan celaka seseorang adalah urusan takdir Tuhan,itu menurut keyakinan kita pada umumnya.Namun tidak ada salahnya jikalau kita berusaha untuk menghindari "nasib buruk' terjadi kecelakaan ketika mengendarai kendaraan bermotor.

Selamat diri kita sebagai pengendara juga selamat bagi orang atau pihak lain.Bukankah itu akan berjalan dengan indah perjalanan berkendara kita? Jikalau selalu selamat sampai tujuan.

Usaha dan ikhtiar berikut Insya Allah (bila Tuhan mengizinkan) bisa mengurangi resiko kecelakaan di jalan raya,ketika kita berposisi sebagai pengemudi.

1.Kalau yang muslim,selalu baca Bismilllah ketika mau berangkat.Berdoa.

2.Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan normal

3.Pastikan kondisi semua sistem mobil atau motor anda dalam keadaan layak jalan.

4.Minum air putih sebelum berangkat 1 atau 2 gelas ukuran sedang.

5.Tenangkan pikiran dan konsentrasi di jalan.Saya sarankan untuk tidak terlalu banyak melirik ke navigasi elektronik atau peta elektronik dan semacamnya.

6.Jangan membuka SMS bahkan menelepon ketika mengemudi,kecuali untuk menerima telepon yang sangat darurat.kalau buat sekedar bercanda lebih baik telepon ditutup.

7.Ingat selalu,membawa mobil atau motor jika menabrak orang.Anda bisa jadi pembunuh tidak sengaja.Membunuh orang lain karena kelalaian kecil saja.Misalnya membuka SMS yang sepele ketika mengendara.

8.Prioritaskan kendaraan yang ada di jalan raya utama ketika mau masuk ke jalan raya.Setelah agak lengggang barulah kita masuk ke jalan utama.Hal ini,berlaku juga ketika kita mau masuk ke jalur putaran yang ada lingkarannya,utamakan dahulu kendaraan yang ada di lingkaran,setelah lenggang barulah kita masuk jalur lingkaran itu.

9.Ketika di lampu merah,biasakan ketika lampu sudah kuning anda berhenti saja.Jangan sombong dan tergesa lalu melabrak lampu merah.Di jalan itu tidak ada kesombongan,semuanya sama sebagai sopir.Sebagai pengguna jalan umum,jalan yang dibiayai bersama dari duit iuran keringat semua warga.Jadi tak pantas sombong di jalanan.

10.Berjalanlah selalu di bahu jalan sebelah peruntukkannya,kalau di Indonesia di sebelah kiri.Atau yang di sekitar Saudi berjalan selalu di bahu jalan sebelah kanan.

11.Biasakan selalu disiplin berjalan di bahu peruntukkan mobil kita (di kanan atau kiri jalan),jangan melewati garis tengah jalan jika di satu jalur.Walaupun jalan raya dalam keadaan lengang atau kosong tidak ada kendaraan lain.

12.Ketika di belokan,meskipun tidak ada mobil lain di arah berlawanan,biasakan belok dengan sedikit mepet ke bahu peruntukkan jalan mobil kita.Beri arah yang longgar dan besar bagi mobil dari arah berlawan.Ini menghindari ada pengemudi yang "slebor' suka out dari jalurnya ketika sedang berbelok.

13.Patuhi selalu marka batas kecepatan maksimum,jangan terpengaruh oleh laju teman searah kita yang berjalan melebihin batas kecepatan maksimum.Biarlah kita disangka sedang belajar,tetapi selamat sampai tujuan.

14.Tetap waspada dan konsentrasi.

Selamat mengemudi,selamat beraktivitas.Terima kasih sudah membaca.

0 comments: