Jumat, 10 Mei 2013

Blogging: Azas Manfaat

Untuk kesekian kalinya,mungkin untuk kesekian ribu kali saya kembali mengintrospeksi,mempelajari dan mengaca diri kembali.Bahwa apa yang telah saya lakukan khususnya dalam menulis di blog ini,apakah ada manfaatnya atau tidak ? Begitulah selalu saya suka bertanya berulang-ulang,walau mengira-ngira saja,bermanfaat bagi diri sendiri minimal dan untuk pembaca paling tidak.

Beberapa kali tulisan gaya belepotan saya dimasukkan ke folder draft,beberapa kali tulisan saya edit,karena pertimbangan manfaat dan kelayakkannya untuk dipublish.

Tidak ada larangan atau sangsi secara pasti sebenarnya,kecuali ya jangan terlalu berbau SARA atau menghina seseroang dan jangan menulis yang buruk lainnya,namun saya selalu bertanya pada nurani sendiri.

Di dalam blog sendiri apalagi,kita bebas-bebas saja menayangkan konten,wong kita sendiri segalanya,ya penulis,ya reporter,ya editor,ya administrator.Meskipun ini sifatnya individual sekali,tergantung niat masing-masing namun bagi diri saya punya prinsip tersendiri,yaitu menulis dan blogging adalah untuk kepuasan batin.Lebih jauh adalah blogging-ku sebagai self therapy,yang mengedepankan azas manfaat di dalamnya.

Semangat secara spiritual lebih jauhnya lagi nge-blogging mudah-mudahan termasuk ibadah,walau tidak selalu mencerahkan,namun setidak-tidaknya semoga ada manfaat bagi yang membacanya.

Visi misi kita ngeblog dan teman lainnya tentu berbeda,itu hak masing-masing.Ada yang motivasinya komersil,selalu berhubungan dengan keuangan,menghasilkan uang,ibadah,membagikan ilmu,dan sebagainya.

Yang jelas pasti blogging ingin menebar manfaat.Manfaat yang pertama kali jika menayangkan tulisan kita di media blog,menurut hemat saya yang awam gan,harus dipertimbangkan adalah,apa manfaat bagi diri sendiri dan keluarga ? Lalu susul dengan pertanyaan bermanfaatkah bagi khalayak umum ? Negara,bangsa,agama,dan kemanuisaan serta lingkungan atau alam.

Sehingga tulisan di blog kita menjadi jalan syariat sebagai "rahmatan lilalamin",sebagai rahmat bagi seluruh alam.Menjadi kebaikan bagi semua.

Ada teman blogger yang menyatakan,tulisan kita adalah ibarat anak-anak,atau produk kita,jika anak-anak kita itu bermanfaat,maka pahalanya akan terus mengalir kebaikan kepada ayahnya,sebaliknya jika karya kita (konten blog) yang buruk-buruk maka hasilnya keburukan akan terus mengalir ke penulisnya.Baik dalam arti kiasan maupun keburukan dalam arti sebenarnya.

Tulisan di blog adalah bagian dari amal kita,pasti termasuk amal yang dicatat dan diperhitungkan juga nanti di hari kiamat.

Selamat menulis dan blogging yang sehat dan bermanfaat teman-teman,menulis adalah sebagian dari amal juga,menulis yang baik artinya beramal baik,menulis yang buruk (dalam segala arti) akan tercatat sebagai amalan yang buruk.

Dan pembalasannya tergantung dari amal-amalan kita,amal baik berbalas kebaikan,amal buruk sudah pasti suatu waktu akan berbalas keburukan.

Wallahualam.Selamat hari Jumat bagi teman moslem dan selamat sore teman semua sesama pembaca yang budiman.

0 comments: