Minggu, 19 Mei 2013

Duh! Pernahkan Anda Kecewa ?

Kecewa adalah perasaan tidak puas di hati karena tidak sesuai dengan keinginan.Harapan tidak sesuai dengan kenyataan atau ada suatu cela dan kekurangan ketika mencapainya.

Hal kecil saja misalnya,ketika Anda salah model dicukur atau dipangkas rambut di Salon langganan atau dicukur teman.Model yang terjadi setelah dipangkas rambut Anda tidak sesuai dengan keinginan yang kita idamkan.

Atau kecewa ketika membeli baju baru ternyata ukuran dan modelnya kurang pas ketika dikenakan di rumah,padahal ketika di toko warnaya bagus karena permainan warna sorot lampu toko.

Atau ketika membeli gadget,handphone lalu ada fitur atau keypad yang rusak,maka Anda pasti kecewa.Tidak jarang yang langsung mengembalikan atau malah membantingnya ke lantai,rusak dan puas kecewa sedikit terobati.Tetapi malah mangkel tetap saja singgah di hati.

Atau ketika janjian pertemuan dengan sang kekasih yang tidak ditepati,janji palsu calon pasangan Anda,atau janji yang tidak ditepati partner bisnis dan kolega Anda dan sebagainya.

Semuanya berbuah kekecewaan,tidak puas di hati dan beberapa orang lalu jadi bahan pikiran yang berlarut-larut.

Inilah yang lantas menjadi persoalan.Kekecewaan yang tidak bisa lekas terobati,jika tidak segera dikelola dengan benar,perasaan kecewa akan menambah beban pikiran jadi banyak dan semakin ruwet isi kepala.

Ketika kita dikecewakan oleh orang lain,atau malahan kecewa dengan tindakan bodoh diri sendiri misalnya,segera kita menyadari bahwa semua kekecewaan itu adalah hasil kebodohan diri sendiri.Tidak ada yang harus disalahkan dengan membabibuta aplagi terlalu menyalahkan pihak lain atau lingkungan.

Kekecewaan yang melanda kita adalah sebagian besar penyebabnya adalah diri sendiri.Entah itu karena dosa-dosa kita di masa lalu,kebodohan dan kekurangtahuan kita,tingkat kewaspadaan kita masih kurang dan mungkin saja kita sudah terlalu banyak mengecewakan orang lain tanpa pernh disadari selama ini.

Berapa kali kita pernah kecewa di hati,dan hitung juga berapa kali sesungguhnya kita pernah mengecewakan orang lain baik dengan sengaja maupun tidak sengaja.

Jika saat ini kita sedang dilanda rasa kecewa...? Tak ada obat yang bisa mengobati kekecewaan itu dengan mujarab,selain dengan coba menafakuri diri saja,bahwa sesungguhnya kecewa saat ini adalah buah dari sikap dan tindakan kita pernah suatu waktu atau malah sering pernah mengecewakan orang lain.Sadar atau tidak sadar,kecil ataupun besar kita mengecewakannya.

Selamat malam.

0 comments: