Senin, 02 Januari 2023

Minum Kopi Berlebihan Malah Ngantuk dan Cepat Lelah

Minum Kopi Memang Nikmat,Sebaiknya Jangan mengonsumsi berlebihan.

Kalau hanya dua kali atau dua cangkir sehari mengonsumsi kopi mungkin masih terbilang wajar,dan efeknya jika tubuh masih normal akan membuat badan lebih segar,mengusir kantuk dan meningkatkan konsentrasi pikiran.
Tetapi apapun yang berlebih dalam hidup adalah tidak baik.Termasuk mengonsumsi atau minum kopi lebih dari 3 cangkir selama 24 jam.

Tentu saja tergantung kepada ketahanan dan faktor kebiasaan tubuh seseorang dengan lainnya bisa berbeda,namun secara normal jika minum berlebih efek yang ditimbulkan malah bisa sebaliknya.

Reaksi tubuh yang menerima cafein terlalu banyak dalam periode 24 jam,jika terjadi secara terus menerus dan jangka panjang,efek kopi malah bisa membuat tubuh mengantuk dan seperti kelelahan.

Atau bisa saja terjadi efek merasa kembung atau mual,dan akan semakin kecanduan.

Pengalaman pribadi,yang sebelum ini saya bisa meminum kopi lebih dari empat kali dalam sehari.Empat gelas kopi kadang dicampur gula atau kopi pahit tanpa gula.

Beberapa bulan diawal kebiasaan efek suka mengsntuk dan kelelahan tidak terasa,tetapi karena saya lakukan hampir sepanjang tahun berikutnya,dan efek sebaliknya dari minum kopi jadi malah mengundang rasa kantuk datang.

Ditambah dengan perasaan perut kembung dan lambung terasa penuh.

Secara medis pun demikian,dan kenyataan membuktikan mengonsumsi kopi secara berlebihan jadi kurang baik dalam menunjang kesehatan tubuh kita.

Lakukan secara normal dan sedang-sedang saja,agar apapun bisa ternikmati dan terhindar dari yang namanya efek samping dari sesuatu,termasuk suka minum kopi berlebihan.

Sumber tulisan: Dari pengalaman pribadi dan berbagai artikel kesehatan.

0 comments: