Senin, 09 April 2012

Jika Sudah Terlanjur Berhutang Kreditan

Ilustrasi :flckr.com
                   
Punya hutang,hutang dalam bentuk apa dan bagaimanapun tidak akan tenang hidup ini,baik hutang lunak,hutang semi lunak apalagi hutang panas,ini klasifikasi menurut saya saja.

Hutang lunak dan aman,misalnya hutang yang timbul dari meminjam sejumlah uang atau barang dari orang lain yang bila saat membayarnya tidak harus memakai bunga atau lebih apapun,biasanya bisa didapat dari seorang malaikat yang menjelma manusia..entah itu menjelma jadi saudara kita atau siapapun yang berhati malaikat,mulia.

Hutang semi lunak,dimana kita dapat hutangan dengan jangka waktu pengembalian yang panjang sangat
panjang tetapi harus membayar "bagi hasil"nya setiap periode tertentu.

Hutang Panas membara,ini jenis hutang yang sangat ganas dan berbahaya bagi perhitungan nasib badan si penghutang,yaitu hutang yang harus dibayar dengan bunga yang besar diatas 5% dari nilai pokok dan jika tidak bisa membayar (wan prestasi) di jadikannya jumlah hutang itu bunga berbunga dan ditambah denda hitungan hari sekian persen dari nilai sisa pinjaman.

Dari ketiga jenis hutang di atas,hanya hutang nomor satu yang paling aman,jenis kedua dan ketiga sangat berbahaya dan berkemungkinan kita akan terus terbelit dengan urusan hutang,gali lobang tutup lobang jika tidak "disiplin" banget seribu persen disiplin ketat super ketat dalam mengusakannya.

Yang terbaik adalah yang tidak punya hutang sepeserpun,baru ini namanya orang kaya.Iya sepakat bahwa pendapat ini sangat kuno setidaknya pasti sahabat akan ada yang tidak setuju,iya silahkan saja ini opini penulis hasil belajar dari pengalaman.

Kalau masalah setuju atau tidak setuju dengan opini kita tentu saja tiap hal akan ada perbedaan dan akan selalu mengundang debat,tetapi saya mau berbagi kepada yang sudah kadung,sudah terlanjur basah, terperosok ke lautan hutang termasuk hutang kreditan dari jumlah yang kecil hanya belasan ribu sampai yang bernilai jutaan rupiah jumlah angsurannya,sebaiknya bagaimana..?

Sebaiknya menurut penulis,

-Bayarlah angsuran dua hari sebelum tanggal limit waktu batas bayar,jika batas bayar tanggal 10 maka jadwalkan secara pribadi tanggal 8 harus usah dibayar.

-Hindari membayar angsuran kredit dengan meminjam dulu uang pihak lain,memanfaatkan dana talangan dari pihak lain,karena biasanya pihak lain akan meminta sejumlah uang lebih juga bila waktu membayarnya nanti,inilah yang disebut tutup lobang gali lobang.

-Jangan terus menunggak angsuran hutang karena biasanya pihak yang menghutangkan akan menambah beban dengan harus membayar sejumlah denda.

-Bila sudah ada uang lebih,bayar lunas secepatnya semua jumlah angsuran,biasanya akan di beri discount khusus jika dibayar di awal batas pelunasan kreditan.

-Jangan kredit lagi di masa berikutnya,biasanya nasabah yang lancar suka di nilai A oleh si pemberi hutang dan ditawari nilai kredit yang lebih besar,jangan serakah sudahi saja katakan,No,tidak pada hutang baru.

-Rubahlah mindset kita bahwa mulai dari sekarang katakan TIDAK pada tindakan yang menimbulkan diri kita jadi mempunyai hutang,dengan makin cerdas dan giat usaha serta latih kesabaran untuk memperoleh sesuatu hanya dengan membeli KONTAN saja.

Percayalah hidup kita akan tenang dan nyaman.Silahkan setuju atau tidak setuju..pendapat kita pasti berbeda dan itu wajar.

Pengalaman saya ketika saya masih muda dan "serakah" dahulu ketika disodorkan tip seperti ini,saya malah meledek dan suka berkilah,ah toh saya mampu kok,hutang segitu mah kecil dan ternyata berapapun nilai terkecil sebuah hutang tetap akan menjadi beban dan membuat hidup tidak nyaman.

Mari hidup nyaman dengan bersyukur nikmat,melatih kesabaran terhadap keinginan sesuatu dengan sangat cepat meraihnya walau harus timbul hutang,jauhi segala bentuk hutang baik hutang barang,hutang uang atau pun hutang-hutang janji-janji kosong kita ke pihak lain.

Hutang dapat merendahkan harga diri seseorang,hutang dapat menghinakan seseorang,dengan punya hutang hidup tidak akan berharga dimata pihak lain.

Hutang-hutang sangat dekat dengan sifat keserakahan dan kesombongan,dan banyak yang menjerumuskan ke jurang kehinaan.

Katakan Tidak pada Hutang..! pasti hidup tenang dan nyaman, setidaknya tidak akan ada orang yang bertamu hanya untuk "menagih uang miliknya" ke rumah anda.Hidup tidak akan direpotkan dengan pihak-pihak yang selalu menagih dan menagih ke diri kita.

Katakan Tidak,pada membuat hutang baru walau satu rupiahpun..!

0 comments: