Minggu, 29 April 2012

Mengendalikan Diri

By : Aang Wierodjampang

Mengendalikan diri sendiri adalah cara terbaik untuk bisa menikmati hidup ini,mengendalikan termasuk di dalamnya proses membereskan dan mengatur terus menerus semua unsur dan kondisi diri kita.

Mengendalikan pikiran,emosi,asa,cita-cita,rasa.persaaan dan suasana hati,termasuk mengendalikan sikap,tingkah dan perilaku kita akan menjamin hidup kita berhasil mencapai kenyamanan tertentu.
Perang yang paling besar dan dahsyat adalah memerangi nafsu diri sendiri,artinya mengendalikan diri sendiri.

Banyak teori tentang ini,namun ada satu hal yang harus selalu kita ingat dan sangat baik terus simak dan dicerna dengan seksama,yaitu berusaha selalu pandai-pandailah mengendalikan diri mulai saja dari hal-hal terkecil, jangan lupa selalu bertanya pada diri  "tentang apa sih manfaatnya buat diri sendiri,bila saya melakukan ini ?".

Pengendalian diri secara pribadi erat hubungannya dengan emosi,keinginan dan kebiasaan.Kebiasaan yang jelek dan merugikan kendalikanlah sedikit demi sedikit dan terus menerus dengan sekuat tenaga dan daya upaya disertai niat yang teguh dan bertujuan satu,supaya diri ini semakin baik semakin sehat bermanfaat.

Satu contoh misalnya,ketika kebiasaan kita bernafsu terus untuk online sampai menganggu kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat,atau terlalu berlebihan waktu onlinenya,maka akan tidak bermanfaat bahkan bisa membahayakan kondisi tubuh dan jiwa kita.

Misalnya berfacebook ria atau berjejaring sosial lainnya sampai tiap malam begadang terus,lupa mandi,lupa makan,lupa meminum obat,ditambah radiasi dari komputer atau internet yang kalau terlalu lama dan berlebihan akan memperburuk kondisi badan kita.

Jika hal-hal semacam itu tidak dikendalikan oleh diri kita,lha..lalu siapa yang akan peduli kalau bukan diri sendiri.

Atau kebiasaan merokok yang berlebihan,jika tidak dikendalikan akan berkibat fatal dan bahaya ke tubuh kita.Atau kebiasaan dan kseukaan pada makanan yang berlemak tinggi dan berkolesterol tinggi,padahal tubuh kita sudah mengidap penyakit tekanan darah tinggi misalnya.Kendalikannlah semua ini.

Kendalikan dari hal-hal yang kecil dan mulai dari gerak mekanis yang termudah,misalnya matikan saja komputer  jika sudah jam 10 malam,lalu bersiap untuk tidur dan bangun cepat di pagi hari,atau matikan saja rokok sebelum sampai ke ujung batang rokok apinya,dan ganti dengan kegiatan olahraga yang ringan,jalan-jalan di sekitar taman rumah atau jalan-jalan ke sekitar kampung,hal ini akan menjadikan tubuh lebih bermanfaat,sehat dan baik untuk kesehatan kita.

Atau jikalau di dunia maya sudah banyak cekcok dan kontra di sebuah komunitas,tidak ada guna kita bertahan terus untuk terus berdebat kusir dan malah menambah sakit hati dengan bertahan di sana.

Kendalikan diri kita,tarik mundur untuk beberapa saat tidak hadir dulu di lingkungan itu dan perbanyaklah berkontemplasi dan merenungi serta mengendalikan diri ini tentang kehidupan di "kesunyian" diri dalam proses pengendalian diri sendiri.

Demi untuk kehidupan kita yang lebih baik dari hari kemarin.

Salam.





0 comments: