Minggu, 21 Oktober 2012

Harga Sembako dan Barang-Barang Naik ?

Ketika harga sembako dan barang-barang naik,artinya yang berpenghasilan tetap dari gaji uang anda nilainya menjadi berkurang.Inflasi di keluarga kita dimana kekuatan uang kita melemah,meskipun jumlahnya masih tetap seperti bulan-bulan yang lalu.

Jika tidak segera ditindaklanjuti denga langkah cerdas mengelola uang keluarga,maka kemungkinan anggaran rumah tangga menjadi defisit,kurang dan minus.

Celakanya,harga-harga di pasaran diluar kendali diri kita,waktu dan saatnya naik juga tidak bisa kita perkirakan dengan tepat,tanpa kompromi.Lalu sikap kita mengumpat segala pihakpun sama sekali tidak menyelesaikan masalah,misalnya menyalahkan pemerintah yang tidak bisa mengatur stabilitas harga atau menyalahkan pihak mana saja.

Setelah mengumpat bahkan demonstrasipun tetaplah yang namanya harga-harga barang kebutuhan,sangat jarang untuk menuju turun ke titik termurah lagi,kenyataan semua barang selalu melaju naik dan naik.

Lebih baik lakukan saran hal berikut ini,untuk menghadapi harga-harga kebutuhan hidup yang selalu naik :

1.Biasakan selalu mempunyai pos atau uang dana cadangan setiap bulannya.

2.Menambah dan mencari pendapatan tambahan atau ceperan.

3.Lakukan kebijakan uang ketat di keluarga

4.Tingkatkan efisiensi dan efektifitas dalam sehari-hari di keluarga,misalnya padamkan lampu jika sedang tidak digunakan.Menyetrika hanya baju yang penting saja,nyalakan tv ketika ditonton saja,mencuci pakaian dengan manual,hemat penggunaan air ledeng/air bersih dari PAM.

5.Membuat dan melaksanakan skala prioritas pengeluaran

6.Berusahalah untuk bergaya hidup sehat,agar tidak mudah jatuh sakit untuk semua anggota keluarga,karena jatuh sakit karena teledor dan jorok adalah pengeluaran biaya yang pasti akan mahal.

7.Memakai transportasi yang sama atau naik angkutan umum saja ketika berangkat bekerja dan sekolah.

8.PHK pembantu rumah tangga,dan siap terjun menjadi Ibu Rumah Tangga sekaligus menghandle pekerjaan rumah tangga oleh isteri saja.

9.Berusaha terus mencari penghasilan tambahan,atau minta lemburan ke atasan anda.

10.Belajat terus untuk menghargai uang yang sudah ada di tangan kita,baik uang kecil apalagi uang dalam jumlah besar.

11.Catat terus setiap pengeluaran setiap harinya.

Salam hangat.

0 comments: