Kamis, 04 Oktober 2012

Mau Sehat dan Bugar ? Ini Tips-nya

              

Tanpa basa-basi gan inilah dua cara terpenting jika hidup kita mau sehat dan bugar,disamping ada juga syarat lainnya yaitu sbb :

1.Makan Teratur

Makan dan minum adalah kebutuhan paling pokok manusia,makan dan minum yang baik,sehat,bersih,bergizi dengan memenuhi kaidah empat sehat lima ,kenyang...eh(lima sempurna).

Ada karbohidratnya,ada vitamin dan mineralnya.Terdapat pada lauk pauk,sayuran,buah-buahan dan sempurnakan dengan ditambah Susu.

Jadwal dan porsi makannya,...mbokya yang pantas dan seimbang saja serta yang teratur,tidak kurang juga tidak berlebihan,yang normal dan biasa-biasa sajalah,jangan berlebih.

2.Tidur Yang Teratur dan Cukup.

Konon,tidur bisa memperbaharui sel-sel tubuh tertentu,membangun sel-sel yang baru serta mengistirahatkan banyak organ kecuali organ sistem pernafasan.Artinya semua organ istirahat ada jeda buat mereka untuk memperbaiki fungsinya.

Kurang tidur banyak akibat buruknya,wajah pucat,kadar gula darah tidak stabil,keseimbangan psikis terganggu,lemah ,letih ,lesu,pusing,masuk angin dan ngantuk terus sepanjang hari.Termasuk tekanan darah menjadi tidak stabil,bisa tekanan darah tinggi atau malah tekanan rendah menjadi sangat rendah.

Ingin bugar ? ,makan dan tidur teratur adalah solusi terbaik.Malahan indikasi bahwa tubuh kita sedang sehat atau sedang sakit,bisa dirasakan dari dua hal ini yaitu :

Jika kita sedang sehat,maka perasaan kita menjadi "enak tidur dan enak makan",tetapi kalau sudah "tidak enak tidur dan tidak enak makan" ini artinya warning bagi kita bahwa tubuh dan jiwa kita sedang atau akan menderita sakit.

Enak makan dan enak tidur,itu artinya kita sehat,jika sebaliknya "tidak enak makan tidak enak tidur"itu artinya badan kita sedang sakit.

Betul tidak sodara....?

Salam bergaya hidup sehat.Mencegah adalah lebih baik daripada mengobati.
(awd-bicom)
ilustrasi :flickr.com

0 comments: