Sabtu, 13 Oktober 2012

Curhat : Belajar "Menulis" Di Blog

Tujuan saya ngeblog adalah menjalin silaturahmi dan berbagi.

Alangkah malunya sebenarnya saya,jika melihat dan membandingkan karya tulisan hasil sendiri dengan orang-orang yang sudah senior bin jadi di dunia kepenulisan.Apa sebab ? Jawabnya banyak !

Satu hal dalam hal bahasa,waduh saya mengakui bahasa Indonesia saya payah.Meskipun jaman SD,SMP dan SMA dahulu nilai di raport selalu tidak kurang dari tujuh hehe,tetapi karena lama tidak pernah "kurung-karang" (menulis karangan atau tulisan) Ya,jadinya banyak lupanya.

Entah itu Ejaannya,atau pemilihan katanya,atau struktur kalimatnya,atau bentuk paragraf dan berbagai kaidah baku menulis dan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.Kesemuanya itu saya rasa sangat kurang bagi diri ini.

Meskipun akhirnya saya memang terlalu memberanikan diri,berani untuk menulis di blog.Yang nota bene blog adalah web site yang bisa akses oleh umum para netter.Yang tentu saja para pembacanya bukan orang-orang sembarangan,minimal yang suka sehari-harinya sudah ber-kebiasaan membaca.Beberapa diantaranya banyak yang penulis,pengarang,editor,dosen,ahli bahasa,pakar berbagai ilmu pengetahuan,dan paling tidak mahasiswa.

Lalu,siapalah saya ? Saya hanya seorang yang "bermodal berani saja" banyak menulis tentang sesuatu.Menulis tentang pengalaman bahkan sesekali saya mencoba melintas batas kemampuan saya sebagai aku dalam memilih topik atau temanya.

Jika tulisan saya tayangnya di dunia internet ini harus melalui proses editing atau disortir oleh seorang editor atau ahlinya nyortir,wah sepertinya semua tulisan di blog ini semuanya bakal berakhir di tempat sampah.Tidak lulus tayang,tidak layak tayang,terlalu banyak naif dan salahnya.

Itu saya menyadari betul dan semakin hari saya semakin malu oleh pembaca,dimana sampai saat ini blog ini dengan melihat statistiknya,alhamdulillah sudah dikunjungi oleh sekitar 200 s.d 300 kunjungan (hit) perhari dengan alexa rank di bawah satu juta.

Sungguh suatu kebanggaan tersendiri bagi saya yang bukan siapa-siapa,bagi saya yang orang bukan selebriti ataupun tokoh terkenal.Hanya orang yang biasa saja bahkan di dunia nyata hanya satu dua yang saya kenalkan blog ini.Hampir sembilan puluh persen pembacanya kenal lewat internet,lewat dunia maya saja.

Untuk itu saya haturkan terima kasih kepada anda yang selalu setia bekunjung ke lapak ini.Dan untuk itu pula saya mohon maaf untuk kesekian kalinya,bahwa sudah pasti disetiap postingan saya akan selalu anda temukan kekurangan-kekurangan,yang tidak sesuai dengan aturan baku menulis yang baik.

Saya akan selalu terbuka untuk jika seandainya anda berkenan memberi saya kritik dan saran.Dengan berkomentar langsung di bawah postingan atau di laman Tentang Admin.

Ya saya telah berusaha sekemampuan mungkin,karena mau atau tidak mau semua tulisan kita di sebuah blog atau web site meskipun akunnya milik pribadi,tetapi tetap pembacanya adalah khalayak umum,terbuka untuk umum.Dan memang itulah salah satu seninya nge-blogging,bahwa jika blog kita banyak pengunjung maka semakin puaslah rasa di hati kita.

Blog pada akhirnya bukan hanya sekedar kumpulan diary,catatan harian atau tempat curhat pribadi saja.Tetapi sudah menjadi bagian dari jendela ilmu dan informasi untuk umum.

Untuk itulah maaf kata jika tulisan saya di blog ini banyak salahnya,juga terima kasih telah selalu mampir dan membaca.

Tujuan saya pribadi di ranah manapun,berkomunitas,bergaul,berteman dan bersahabat di manapun termasuk menjadi blogger,tidak lain dan tidak bukan adalah untuk menjalin silaturahmi.Menambah jumlah teman,jumlah sahabat,dan jumlah saudara yang saling kenal meskipun lewat internet atau dunia maya.

Salam selamat sore atau malam semua.
Ilustrasi :flickr.com

2 comments:

Salam kenal gan, sy Bang Tono (FB) atau @Bang_tono jg seorang TKI di Jeddah yg lg belajar nulis di www.bangtonooo.blogspot.com .salut buat ketekunan agan dalam menulis. boleh donk minta tipsnya agar bs konsisten dlm menulis dan cara menemukan ide tulisan?

Halo,Bang Ton,salam kenal juga.Terima kasih banyak.

Iya mas,saya sudah mampir ke sana,salam semangat ya.

Sambil jalan aja mas,sama-sama belajar menulis.

Banyak artikel tentang menulis di blog atau web site,web site rekan yang memang ahlinya.

kalau saya,ya sama-sama lagi belajar mas,

yang jelas,,,berani dulu dan semangat belajar mas.

Salam hangat.