Rabu, 10 Oktober 2012

Sumber Air Minum Penyebab Cacingan




Beberapa keluarga banyak yang mengambil sumber air minum keluarga dari sumur tanah atau dari sawah dan mata air alam lainnya.Dan di beberapa tempat tertentu kesehatan dan kebersihannya diragukan,bisa saja airnya sudah tercampur dengan berbagai kotoran tanah,mikroorganisme berbahaya dan kuman bibit penyakit lainnya.

Termasuk sumber air minum keluarga kita,layak mendapat perhatian khusus.Bahkan air mineralpun jika jorok dan tidak bersih dalam proses menggunakannya,misal memegang leher galon dengan tangan kotor atau menyimpannya di tempat kotor bisa saja terjangkit telur-telur cacing yang berbahaya.

Jika menggunakan air sumur bor,sumur galian atau dari sumber irigasi dan air sawah,resiko terjangkit cacingan semakin besar.Karena telur Cacing sumber utamanya dari tanah,yang bisa saja larut dengan air yang digunakan keluarga.

Menurut mereka ahli bidang ini,air yang berasal dari sumber beresiko tinggi tersebut bisa sesekali di beri kaporite atau dengan cara memasaknya yang sampai mendidih dengan benar.sehingga telur-telur bakal larva cacing dan kuman berbahaya lainnya mati oleh obat atau oleh panas tersebut.

Sekali lagi,penyakit cacingan biasanya dianggap sepele dan tidak terasa gejalanya secara signifikan,padahal bahayanya sama besar dengan berbagai penyakit yang lain.Penyakit cacingan seolah api dalam sekam,hampir tidak terasa padahal menggerogoti tubuh kita.

Akibat umum dari cacingan adalah kurang darah,anemia,daya tahan tubuh rendah,gizi buruk,perut buncit,muka pucat,mata rabun,gatal-gatal di dubur,diare,beberapa kasus bisa pendarahan di anus,kulit tidak bercahaya atau pucat,letih,lemah lesu dan telat mikir alias telmi serta akibat lainnya.

Memberi perhatian khusus kepada sumber air minum keluarga kita,adalah cara bijaksana untuk menjaga kesehatan dan kselamatan jiwa anggota keluarga.

(awd-bicom)
Gambar:flickr.com

0 comments: