Rabu, 10 Oktober 2012

Pengobatan Cacingan

                             

Penyakit cacingan adalah ketika di usus kita bersarang binatang bernama Cacing dengan berbagai jenis.Biasanya jenis cacing ini cacing gelang,cacing cambuk dan cacing tambang.Kebanyakan masuknya ke tubuh melalui makanan yang tidak higienis dan tidak sehat serta dari kebiasaan terus berkutat dengan kotoran dan tanah atau jorok.

Pengobatan untuk ini sebenarnya sangat mudah,tentu yang lebih baik konsultasi ke dokter dulu.Pengobatan yang paling praktis adalah membunuh dan mengeluarkan cacing itu dengan memakan atau meminum obat-obat cacingan.

Aturan pakainya disesuaikan dengan umur dan kondisi cacingan kita.Biasanya dalam kasus tertentu cacing-cacing itu akan keluar bersama kotoran ketika BAB.Bisa dalam keadaan hancur atau malah masih berbentuk cacing utuh.

Menurut pengalaman saya,bentuk obat cacing saat ini sudah banyak berupa syrup,tablet,kapsul,atau serbuk (puyer).Semuanya bisa digunakan sesuai selera.(sekali lagi konsultasi ke petugas kesehatan adalah lebih baik untuk dosisnya).

Ketika pertama kali meminum obat cacing akan terasa mual-mual tergantung kondisi lambung dan tubuh masing-masing.Jika terjadi kondisi begini tenang saja,karena setelah 24 jam berlalu biasanya kondisi tubuh akan terasa lebih baik,terlebih setelah buang air besar yang ikut mengeluarkan cacing-cacing itu.Rasa mual-mual itu akan hilang dengan sendirinya berganti dengan rasa tubuh yang lebih segar dari sebelumnya,karena nutrisi tidak ada yang merongrong lagi dimakan cacing.

Dua atau tiga hari kemudian bahkan akan terasa nafsu makan menjadi lebih baik,tubuh terasa segar serta semua gejala dan keluhan penyakit akan semakin membaik.

Untuk mengobati cacing gelang yang parah biasanya produsen obat cacing menyarankan menggunakan dosis ekstra.Yaitu supaya bisa membunuh cacing yang sudah banyak dan bandel di dalam perut atau usus kita.

Sekali lagi penggunaan dosis obat cacing terbaik adalah konsultasi dahulu dengan petugas kesehatan atau dokter,itu lebih baik dan aman bagi kita.

(Awd.bicom)
Ilustrasi :flickr.com

0 comments: