Senin, 08 Oktober 2012

Sebagian Falsafah Keramat, 'Serat Ma Lima'


Dalam Falsafah Jawa terkenal dengan adanya Serat Ma Lima,yakni terdiri dari lima larangan yang harus dihindari dalam hidup.Meskipun tidak mencakup semua aspek namun lima hal berikut adalah yang terpenting untuk tidak didekati apalagi dipraktekan dalam perilaku manusia.

Jika ingin hidup tidak resah,jika ingin hidup tenang,jika ingin hidup tidak banyak bangkrut,jika ingin hidup normal tidak banyak bermasalah,bahkan jika ingin tidak terlalu banyak sial dalam kehidupan kita.

Inilah Serat Ma Lima yang dimaksud dalam Serat Ma Lima yang termashur di ranah falsafah dan jagat kesusasteraan Jawa.

Lima larangan dalam hidup yang paling pokok :

1.Madat ,yaitu (menghisap candu),termasuk bisnis dan kegiatan usaha narkoba jaman sekarang.

2.Madon (melacur atau bermain perempuan),termasuk selingkuh dan main laki-laki bagi perempuan,jinah.

3.Mabuk(mabuk minuman keras) termasuk terlalu mabuk dunia.


4.Main(berjudi)


5.Maling(mencuri). Termasuk korupsi yang sebenarnya adalah mencuri uang rakyat.


Lima perilaku tersebut adalah perilaku jahat,perilaku pidana dan termasuk pantangan yang dipercaya akan membawa hidup menjadi sial.Bernasib buruk dan akibatnya akan merugikan diri pribadi dan masyarakat atau orang lain.


Walaupun masih banyak sebenarnya perilaku lain yang sudah dibuat oleh para nenek moyang dan sesepuh serta karuhun Jawa dalam kitab-kitab maupun karya sastra dan filsafat mereka.Namun dengan manaati larangan ini,tidak melakukan kelima hal inipun hidup kita sudah mendekati lurus secara perilaku.


Lima perilaku lima M di atas,kesemuanya akan kelihatan sebagai hukum karma atau sebab akibat,yaitu akan terlihat,terasa akibat buruknya dan ketahuan ketika masih hidup di dunia,saat ini kontan.


Itulah hukum alamnya demikian,para nenek moyang menciptakan Serat Ma Lima ini bukanlah dengan yang cetek pengalaman,mereka setidaknya sudah bergelar Empu di zamannya.

Artinya teori tersebut adalah sebagai hasil dari kristalisasi kenyataan dalam kehidupan berbagai jaman.


Percayalah jika berbuat Madon,Madat,Maling,Main,dan Minum maka akibat buruknya akan kontan terasa sewaktu hidup di dunia oleh pribadi yang melakukannya.Termasuk akan ketahuan awal atau akhir oleh penguasa atau oleh hukum positif dalam hal ini oleh alat negara para penegak hukum.


Diolah dan disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.Semoga bermanfaat.


(awd-bicom)
Ilustrasi :flickr.com

0 comments: