Senin, 01 Juli 2013

Satu Lagi Rahasia Sukses Hidup dan Bisnis Etnis China

Ini pengalaman saya berteman dengan anak pengusaha lokal etnis Cina di kampung dahulu,dan saat ini beliau memang sudah berhasil.Berhasil beliau sudah memiliki banyak toko di 2 kota,sudah hidup mandiri dan bebas hutang!

Usahanya terus berkembang dan mampu bertahan dalam terpaan berbagai badai krisis global maupun krisis pribadi dalam keluarganya.Sampai saat ini beliau tetap 'eksis' dalam usahanya.

Dan,ampuun gan saya terlambat menyadari dan mencontohnya.Akhirnya saya terlambat 'sukses'nya hehe!Tak apalah mari simak pengalaman saya tentang salah satu trik suksesnya teman etnis Cina yang satu ini.Maaf saya tak sebut namanya demi kepentingan privasi beliau.

Salah satu trik suksesnya beliau 'mengumpulkan harta" dan memperoleh 'modal dingin" milik pribadi,modal bukan hasil hutangan ke pihak lain atau bank adalah :

"Beliau selalu mengutamakan Menabung,sebagai kegiatan utama ketika baru saja gajian atau mendapat penghasilan!Menabung dulu,baru mikir pengeluaran uang sisa yang ditabung tadi"
Rupanya trik jadul inilah yang beliau suka praktekan sebelum beliau jadi pengusaha saat ini.Yaitu ketika gajian di awal bulan,beliau selalu ambil itu uang tunai ditabungkan dahulu sekitar 30 persen dari jumlah gaji,dan baru sisanya yang 70 persen beliau bagi-bagi kepada pos pengeluaran rutinnya,untuk keperluan hidup.

Itu saja gan.disamping memang banyak trik-trik lainnya yang juga tak kalah oke.Menabung dulu,baru dibagi-bagikan sisa menabung itu untuk memenuhi keperluan sehari-hari.

Jadi tidak dibalik seperti kebanyakan kita orang,yaitu menabung hanya dari sisa uang setelah dibagi-bagi dari pos pengeluaran rutin.

Mari mulai sekarang kita balikan sistem anggaran belanja pribadinya,yaitu ketika sudah gajian atau mendapat penghasilan apapun,ambil dulu buat menabung baru berpikir membelanjakan semua sisanya untuk keperluan.Paksakan uang yang sisa dari yang ditabungkan itu cukup sampai mendapat uang kembali di bulan depan.

Tentu saja trik ini dilakukan di awal-awal mau sukses,jika sudah sukses ya ..terserah Anda gan!Selamat menabung. 

0 comments: