Rabu, 12 Juli 2023

Minum Kopi Pagi Hari Baik untuk Kesehatan ?

Sejumlah informasi yang bisa dipercaya bilang bahwa kebiasaan minum kopi (tanpa gula,kopi pahit) di pagi hari sangat baik untuk menunjang kesehatan.

Di berbagai artikel kesehatan dan penelitian serta survei tentang manfaat minuman atau makanan menyatakan nada yang sama,bahwa minum kopi itu bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dikatakan manfaat minum kopi di pagi hari misalnya,tentu tanpa gula,akan mengurangi depresi,meningkatkan konsentrasi,dan menyegarkan.

Zat polifenol yang terkandung di kopi bisa jadi anti oksidan dan berfungsi sebagai pencegah kanker.

Tentu secara ilmiah penelitian dan penemuan baru akan selalu hadir pada setiap zaman,tentang manfaat kebiasaan minum kopi di pagi hari terutama.

Bisa juga sebagai pencegah penyakit Parkinson di masa depan.

Efek menyegarkan akan langsung terasa jika kita mengonsumsi kopi selang beberapa menit setelah kopi diminum.

Efek menyegarkan untuk setiap peminum yang normal,tetapi bagi sebagian yang menderita gangguan lambung,tidak disarankan mengonsumsi kopi dalam perut masih kosong.Bagi golongan ini,pagi hari harus diawali dengan asupan sarapan dahulu baru kemudian minum kopi.

***

Secara ilmiah,kita tunggu penemuan baru yang lainnya dari mereka yang ahli tentang itu.

Penulis di artikel ini ingin berbagi pengalaman keseharian manfaat yang kita saksikan pada keluarga dekat,teman,sahabat atau bahkan dirasakan oleh diri sendiri.

Adalah kakek dan nenek penulis,yang sejak saya masih kanak-kanak sudah menyaksikan mereka gemar dan biasa minum kopi saat pagi hari.

Waktu itu,kopi yang mereka konsumsi sangat asli karena buah kopinya dipanen dari kebun mereka,lalu diolah,dijemur,ditumbuk menjadi bubuk di lesung yang tersedia di rumah eyang kami.

Dan biasanya mereka menyimpan bubuk kopi aslinya di sebuah tabung bambu yang sudah kering dibuat sengaja untuk menyimpan persediaan biji atau kopi tumbuk yang sudah bubuk untuk beberapa bulan ke depan.


Kakek kami petani tulen,kebiasaan mereka bangun saat subuh dan setelah shalat subuh nenek kita sudah selesai menanak nasi.

Setelah sarapan di pagi buta,sebelum berangkat ke sawah atau ladang mereka minum kopi tanpa gula,atau memakai gula asli dari pohon kolang Kaling atau Enau.

Tapi memakai gula minum kopinya hanya kadang-kadang,biasannya mereka minum kopi pahit,sebagian di bawa ke ladang untuk diseduh nanti waktu siang atau menjelang sore.

Mungkin dari kebiasaan itu salah satunya,selain cara hidup sehat alami lainnya,kebiasaan minum kopi di pagi hari eyang-eyang kami itu,hidup mereka relatif sehat dan bugar hingga usia 80 tahunan.

Konon kata kakek kami,mereka jarang sakit,kecuali sekedar flu atau pilek yang tanpa minum obat kimia pun lama kelamaan beberapa hari gejala flu sembuh sendiri.

Mungkin hidup mereka relatif sehat hingga usia lanjut di atas 80 tahun salah satunya karena kebiasaan minu.kopi di pagi hari.

Benar atau tidaknya hal tersebut masih penulis pertanyakan,namun ketika penulis dewasa dan saat ini sudah tua,bersyukur Alhamdulillah penulis masih bisa sehat dan bugar untuk ukuran STW....setengah tua..hehe,salah satunya penulis menyukai dan biasa minum kopi asli tanpa gula setiap hari.

***

Disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman penulis.Tulisan ini tidak bersifat menganjurkan kebiasaan minum kopi,dan penulis tidak bertanggungjawab jija ada akibat buruk terjadi pada pembaca karena pembaca ikutan meminum kopi di pagi hari.

Tulisan ini,hanya sekedar untuk berbagi pengalaman,bukan tulisan ilmiah.

Segala akibat ditanggung pembaca...oke saudara-saudaraku.

Terima kasih selalu hadir di sini.Semoga Anda sehat selalu 

0 comments: