Selasa, 11 Juli 2023

Mager Penyebab Stroke

Pada usia lanjut dan umur semakin tua maka daya kerja organ tubuh semakin melemah dan itu suatu hal yang akan dialami oleh semua orang.


Tak akan ada orang yang bisa menolak tua,penampilan bisa dipoles dengan make up atau operasi plastik,namun kekuatan dan kemampuan organ tubuh pasti semakin tua semakin berkurang,bahkan ada yang cepat rusak seperti gigi misalnya.

Gigi banyak yang keropos atau ompong di usia muda,baik karena faktor luar atau faktor keturunan,dan semua organ tubuh pasti semakin lemah seiring terus beranjak umur makin tua.

Oke,organ tubuh tak bisa ditangkal untuk terus melemah dan akhirnya ada yang punah atau rusak,dan itu tak bisa ditolak.

Sebagai manusia yang punya jasad fisik dan jiwa atau roh,maka kita bisa mengupayakan agar tubuh kita bisa berumur panjang dan sehat tidak sakit.

Meskipun umur sudah tua dan organ tubuh tidak muda lagi,tetapi jika dijaga dan dirawat makan organ tubuh kita bisa sehat dan berumur panjang.

Salah satunya dengan berolahraga teratur atau banyak bergerak.
Tentu pergerakan tubuh kita disesuaikan dengan usia.

Tapi pada intinya umur jasad kita bisa panjang jika tubuh selalu dirawat dan dijaga dengan banyak bergerak,atau selalu bergerak jangan mager,atau malas bergerak.

Hal kecil misalnya,jija jarak kantor atau ada urusan kurang dari 300 meter,bisa dibiasakan berangkat dengan bersepeda atau berjalan kaki,tak usah mengendarai motor atau mobil.

Jalan-jalan santai berkunjung ke tetangga,saudara,pergi ke mesjid,gereja atau ke warung mulai mencoba dengan jalan kaki.

Kalau ada waktu luang,maka berjalan kaki jalan santai keliling kampung atau ke pasar itu akan membuat peredaran darah lancar.

Peredaran darah lancar,pembentukan sel baru berjalan normal pula dan tentu pencegahan stroke lebih terjaga.

Itulah paling tidak usaha kita untuk mensyukuri nikmat dan karunia Tuhan,dengan cara menjaga dan merawat tubuh lahir bathin.

Bergaya hidup sehat,pola hidup sehat,dan jangan mager  atau malas bergerak.
Sakah satu upaya pencegahan agar tidak terkena stroke,maka harus banyak bergerak.

Salah satu ciri makhluk hidup adalah bergerak,bukan...?

Bergerak mencuci piring,membersihkan rumah,jalan kampung,dan sebagainya dan seterusnya.

Bergerak bro and sis ...!

0 comments: