Sabtu, 15 Juli 2023

Perhatian Berlebihan Bagus atau Buruk?

Dalam berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain,baik kepada saudara,anak,orang tua,kekasih,pasangan hidup,teman atau sahabat jika kita diperhatikan tentu merasa senang,bukan?

Namun jika perhatian itu berlebihan,mulai muncul masalah ketidaknyamanan dan perasaan canggung bahkan merasa risih dan terganggu privasimu.

Cara menyikapi dan mengekspresikan perhatian orang per orang sudah pasti berbeda.

Bahkan jika kamu "dicuekin",akan tidak nyaman juga dan mungkin ada perasaan tidak dihargai.

Masalah hubungan manusia memang pelik,untuk itulah muncul ilmu-ilmu pengetahuan tentang komunikasi,tentang relasi,tentang psikologi dan sebagainya.

Ilmu-ilmu semacam itu hadir tujuan utamanya untuk menambah kualitas hubungan antar manusia pada khususnya.

Dari segi psikologinya,mungkin kita bisa memaklumi situasi kejiwaan seseorang berbeda satu dengan yang lainnya,dari ilmu tentang budaya maka kita memaklumi bahwa latar belakang budaya seseorang mempengaruhi kepada sikap saat ini seseorang terhadap kamu.

Lihat saja macam mana orang tua memberi perhatian kepada Anda tentu tidak akan sama.

Ada orang tua yang over perhatian,terlalu perhatian ke anaknya,sehingga detail dan tetek bengek ditanyakan,diurus dan diperhatikan bahkan sudah dewasa ada orang tua yang pada anaknya masih memperhatikan seperti kepada anak kecil.

Atau pacarmu,istrimu,suamimu,saudaramu bahkan tetanggamu terlalu memperhatikan kamu sampai detail kecil.Tentu bisa merepotkan sedikit terganggu privasi yang terlalu diperhatikan.

Menyikapi orang yang terlalu memperhatikanmu tidak ada jalan lain kita yang harus sabar dan lebih menguasai diri.Tidak perlu canggung atau sungkan dengan perlakuan ekstra nya,bersikap wajarlah mulai dari diri kita.

Mungkin harus sedikit mencari ilmu pengetahuan tentang seni menyikapi yang over perhatian ke kamu.

Atau jangan-jangan malah kamu yang "mengidap" over perhatian ke pasangan atau ke orang lain?

Mulai sekarang rubahlah sikap dan sifat itu,karena hal apapun yang berlebihan tentu kurang baik juga.

Bersikap perhatian adalah baik jika dilakukan sesuai porsi dan kondisinya,takaran yang cukup adalah bijaksana jika kita memperhatikan pihak lain.

Perhatian ke anak,ke orang tua,ke pasangan hidup dan kepada siapapun,berilah perhatian yang--cukup-- tidak kurang juga tidak berlebih.

Selamat sore.

0 comments: