Rabu, 26 Juli 2023

Beruntung Masih Hidup di Era Android

Sebut saja zaman digital sekarang ini sebagai zaman android,dimana teknologi informasi begitu melesat menjadi super canggih dan seperti tidak akan percaya jika kamu turun ke dunia ini kelahiran agak jadul,yang lahir tahun 1970an ke sana,pasti merasakan sekali perubahan zaman dari kuno ke modern ini.

Kelahiran sebelum 1970 an,masih merasakan menyaksikan orang tua atau paling tidak neneknya menanak nasi memakai tungku kayu bakar.

Dari tungku kayu bakar meningkat jadi kompor bersumbu banyak dengan bahan bakarnya minyak tanah,lalu belum lama ini sekitar tahun 2000an hampir semua orang modern menggunakan bahan bakar gas elpiji.

Sekarang sebagian memasak sudah memakai listrik,stroom memanaskan kompor,seterika,termos,dan sebagainya.

Terasa masih kemarin kita menyeterika baju memakai pemanas dari arang kayu atau batok kelapa untuk bisa tampil rapi di acara resmi atau masuk kantor,sekarang setrikaan listrik sudah semakin canggih,bukan saja digosokan di atas meja tetapi ada yang cukup di sentuhkan saja pada baju di lemari yang masih menggantung.

Terasa kemarin sore,mau nonton tv atau radio stroomnya harus mencarger accu,aki sebagai power bank menyuplai listrik ke pesawat televisi,yang salurannya hanya satu TVRI saja dengan waktu siaran terbatas.

Belum lagi harus memasang antena yang panjang berelemen banyak seperti pagar yang dikibarkan,diputer terus supaya bisa menangkap signal dari pemancar lebih bagus,kalau signal kurang kuat gambar di televisinya tidak jernih banyak gambar seperti semut menganggu gambar yang ditayangkan 

TV berawal dari gambarnya hanya hitam putih,film layar lebar juga hitam putih bahkan bisu tanpa suara,hanya gambar saja yang bergerak.

Kini.........siaran televisi seluruh dunia bisa digenggam di satu alat,telepon genggam yang android dan sejenisnya.

Kini,apapun serba digital,foto digital,dokumen digital,merangsek ke segala hal terjadi proses digitalisasi.

Online,internet merasuk ke semua sendi kehidupan,tak ada ruang pribadi yang aman saat ini.

Data pribadi begitu mudah diakses orang banyak,semua orang bisa jadi pewarta medsos tanpa harus bersertifikasi sebagai wartawan.

Semua orang jadi subyek dan objek informasi ke publik secara membanjir dan tidak bisa dikendalikan.

Berbagai data dan info menumpuk bercampur aduk tanpa sekat di jagat Maya internet,informasi jahat dan baik bercampur tanpa bisa disensor atau disortir siapapun.

Sumber informasi dari Nara sumber yang benar dan Nara sumber terburuk,terbodoh,ternorak sangat super bebas bercingcong ria di jagat dunia informasi dan teknologi internet masa kini.

Zaman dahulu perdebatan super bebas berpendapat yang hanya bisa dilakukan di lokasi dan di ranah akademis saja,sekarang siapapun bisa menyaksikan orang berdebat sengit,berpendapat bebas sebebasnya ngawur atau teratur,tertib atau sopan tidak sopan bisa tersaksikan dari internet tanpa batas.

Dimsna saja,kapan saja,oleh siapa saja semua yang dahulu terbatas kini bebas saja menyaksikan berbagai peristiwa yang 30 tahun yang lalu mustahil bisa ditonton.

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terasa super cepat maju ini,membuat peradaban dan zaman setiap hari bisa berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk.

Semoga kita bisa menyikapi dan menyesuaikan perubahan zaman ini dengan bijaksana.

Agar hidup dimanapun,kapanpun,bagaimanapun kita bisa berbahagia.

Termasuk di era modern begini kita bisa beradaptasi dengan zaman dengan baik.Katena jika tak ikut perkembangan zaman,alamat hidup kita akan tertinggal dan bahkan bukan tidak mungkin akan punah tergerus oleh zaman.

Selamat beradaptasi dengan baik.


0 comments: