Jumat, 04 Mei 2012

Suasana Hati atau "Mood"

By : Aang Wierodjampang

Pernahkan anda merasa dengan tiba-tiba tak ada angin tak ada hujan ujug-ujug datang rasa senang,atau bahagia atau romantis atau pikiran penuh kenangan manis dan yang baik-baik saja,atau sebaliknya pernahkah dengan tiba-tiba datang sedih,deg-degan dan tidak karuan merasa tidak nyaman atau resah gelisah ?

Eits nanti dulu..jangan berprasangka yang bukan-bukan apalagi menyangka ada orang yang menyantet kita atau yang jahat dengan ilmu sihir mereka,hehe...makanya kalau ada masalah jangan cepat cari dukun,sebagian dukun banyak sekali yang dukun tukang tipu,pembohong penghasut penimbul fitnah..jangan dwech..

Manfaatkan Masa Muda sebelum Datang Masa Tua Renta

Ilustrasi by shutterstock
By : Aang Wierodjampang

Ketika bangun tidur tadi pagi,badan terasa ringsek dan tidak bugar,meskipun secara umum kesehatan tubuh ini masih lumayan,tetapi kondisi memang sudah jauh menurun dari beberapa tahun silam.

Ketika usia dua puluh tahun sampai tiga puluh tahun ketahanan,kebugaran dan kesehatan tubuh saat berada di puncak-puncaknya.

Selasa, 01 Mei 2012

Web Blog atau Populer dengan "Blog" saja

By : Aang Wierodjampang

Ilustrasi :shutterstock
Web blog atau BLOG menurut wikipedia ialah sebagai berikut : "Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
                                                            *****


Pada awal-awal keberadaanya blog ini hanyalah suka digunakan dan dianggap sebagai ajang "narsis" seseorang sebagai admin blog pribadinya,atau hanya dijadikan sebagai diary maya saja.Sehingga kesan narsis selalu melekat pada blogger di awal-awal kehadirannya.

Senin, 30 April 2012

Cerpen : Bupati

Cerpen  -   Bupati

By : Wierodjampang

"Tadi sudah aku katakan,selama ini saya sudah dua kali minta bertemu,tapi dia angkuh.. " kata Yeni mengedipkan mata penuh misteri,menuturkan tentang Janah pada Mia kakaknya yang sedang menjenguk khusus pada hari ini.

Yeni meminta Janah kepala perawat disana untuk bertemu langsung dengannya di ruangan karena ada kepentingan.Namun Janah atau Ibu Janah malah ngambek buat apa ngobrol sama pasien dan janjian lagi,katanya ketus tadi pagi.

Sebenarnya jam besuk sudah selesai namun Mia meminta ijin khusus pada kepala ruangan perawatan yang ditempati Yeni untuk bisa menunggu Yeni malam ini.kepala ruangan yang judes dan sangat jutek itu mengijinkan setelah ceramah sana-sini tentang tata tertib Rumah sakit ini dan tetek bengek lainnya,Mia mengangguk-angguk saja ngikut irama Kepala Perawat siang itu dengan senyum disungging tanpa dilepas penuh.

Entah pelajaran apa yang dipelajarinya di sekolah perawatnya dahulu,atau memang dia saja yang bersifat begitu,mungkin para perawat disini umumya berasal dari keluarga yang hancur berantakan ayah ibunya atau dari keluarga yang tidak bermoral namun nasib mengantar wanita-wanita itu jadi perawat dan atau menjadi kepala ruangan perawatan Yeni saat ini.Atau apakah sitem yang salah dengan pengelola tingkat atas atau direktur BUMN ini.

Minggu, 29 April 2012

Usahakan Jangan Pernah Berjanji Hal Apapun

By : Aang Wierodjampang

"Janji adalah Hutang" kata sebuah keterangan hikmah di ajaran agama Islam,sebagai sebuah hutang tentu saja harus di tunaikan,malahan jika tidak tertunaikan sebuah janji atau hutang itu sampai seseorang meninggal dunia,konon katanya Malaikat penanya amal di alam kubur akan menangguhkan dulu tidak akan menyapa seorang mayat karena hutangnya di dunia belum tertunaikan.Termasuk mungkin hutang janji-janji yang belum tertunaikan.

Jadilah arwahnya terkatung-katung sampai semua hutangnya di tunaikan oleh keluarganya di dunia,lalu bagaimana dengan hutang janji? apalagi janji-janji pribadi yang belum tentu keluarga di dunia mengetahui hutang janji kita..? jadi bakal repot bukan?

Mengendalikan Diri

By : Aang Wierodjampang

Mengendalikan diri sendiri adalah cara terbaik untuk bisa menikmati hidup ini,mengendalikan termasuk di dalamnya proses membereskan dan mengatur terus menerus semua unsur dan kondisi diri kita.

Mengendalikan pikiran,emosi,asa,cita-cita,rasa.persaaan dan suasana hati,termasuk mengendalikan sikap,tingkah dan perilaku kita akan menjamin hidup kita berhasil mencapai kenyamanan tertentu.

Sedang-sedang Saja,Lebih Baik

By : Aang Wierodjampang

Bukan saja dalam kenyataan yang telah kita rasakan,dalam sebuah keterangan al hadist Nabi Muhammad SAW pun pernah menyatakan  bahwa hal sesuatu yang sedang-sedang saja itu adalah yang lebih disukai Allah.

Terkadang emosi kita suatu saat bisa mengalahkan logika dan kenyataan sebenarnya,emosi yang berlebihan yang selalu mendorong untuk kita berbuat juga yang terlalu berlebihan.

Kamis, 26 April 2012

Belajar Mengemudi Mobil Bagi Pemula

Ilustrasi : Koleksi Pribadi www.bernadaindo.com
Keterampilan teknis yang satu ini, untuk jaman sekarang sangat dibutuhkan semua kalangan,baik bagi yang beruntung bisa memiliki mobil pribadi atau bagi sebagian orang bisa dijadikan profesi pekerjaan untuk menghidupi kehidupannya.

Untuk orang yang mengemudi duduk dibelakang setir suka disebut sopir,siapapun dia entah orang yang mpunya mobil atau bahkan sang sopir yang disewa untuk itu.


Meskipun kelihatan hanya sepele dan terlihat gampang,pekerjaan sopir sebenarnya sangatlah penting.Bagaimana tidak penting,sopir di dalam sebuah mobil dia adalah pemimpin di mobil itu, bertanggungjawab terhadap nyawa dirinya sendiri dan keselamatan nyawa para penumpangnya.

Karena pekerjaan informal sopir ini menjadi begitu sangat dibutuhkan seiring dengan kemajuan  peradaban,maka berikut ini saya tulis teknik-teknik dasar belajar mengemudi.

Tahap pertama Teori dulu, (mobil dalam keadaan off atau mesin dimatikan dan berhenti).Khusus untuk mobil Manual.

1.Mobil dalam keadaan off mesin tidak hidup,lihat dan pelajari nama-nama instrumen atau komponen di ruang kabin depan dan di dashboard dengan baik.

Misalnya,Pedal Rem,pedal gas,pedal kopling,perseneleng,Rem tangan,stang untuk wiper kaca depan belakang,pengendali kaca spion,stick untuk lampu dim,lampu dekat,lampu sen-sen kanan dan kiri,tombol klakson,sabuk pengaman dan sejumlah panel control lainnya di dashboard.

2.Untuk mobil gigi gear manual,hapalkan dahulu skema perpindahan gigi persneling hingga hapal di luar kepala dengan praktik memindah-mindah mulai gigi satu,gigi mundur dan gigi selanjutnya hingga terakhir.

Biasanya ada simbol hurup dan angka,misalnya angka O (nol) atau N (normal) untuk gear dalam posisi normal,Angka 1 s.d 5 atau tergantung model mobil dan hurup R (untuk berjalan Mundur).

Lalu latihan menginjak pedal gas, bergantian dengan pedal rem dan pedal kopling,ingat mesin dalam keadaan mati,tidak berjalan atau mobil berhenti.

Terussaja berlatih sampai anda mahir memindah persneling dan menginjak semua pedal dengan tanpa menengok ke arah alatnya,latih dan biasakan mata anda tetap tertuju ke depan dan ke spion kanan kiri.

3.Setelah hapal dan cukup bisa mengoperasikan minimal memindah tongkat persneling,menginjak pedal rem,gas dan kopling.maka langkah berikut sudah mulai dapat menghidupkan mesin.

Langkah berikut dengan mulai menghidupkan Mesin Mobil dan mulai berlajar Berjalan.

1.Pastikan Rem tangan masih dalam keadaan terpasang,cirinya biasanya tongkat rem tertarik ke atas atau tertarik ke belakang atau posisi lainnya sesuai model mobil.

2.Masukan persneling di gigi Normal atau biasa ada hurup O (kosong),atau P (parking) dan atau hurup N (normal),injak pedal rem secukupnya, lalu hidupkan mesin perlahan,tenang,tertib dan mantap,mata memeriksa semua bagian mobil,spion kanan kiri arah depan dan arah belakang kemudian berakhir dengan pandangan mata lurus ke depan melihat jalan.

3.Setelah mesin hidup biarkan sekitar sepuluh detik mesin mobil hidup jikalau di awalnya sudah dipanaskan, tetapi jika belum pernah dipanaskan biarkan mesin hangat sekitar 5 menit.

Lalu,injak pedal kopling (kaki kiri) perlahan melesak ke bawah,kaki kanan masih di pedal Rem mesin dalam posisi langsam,masukan tongkat persneling ke gigi satu,(perhatikan langkah ini ini harus terus dilakukan sepanjang masa,jika mau memulai berjalan, harus selalu memulai dengan gigi satu.),lalu injak gas perlahan (kaki kanan pindah dari pedal Rem ke pedal Gas dengan naluri dan perasaan (jangan dilihat,mata terus ke depan ke jalan),  mulailah dengan menginjak pedal gas perlahan dan memakai perasaan,melebihi langsam sedikit.

Setelah gas diinjak perlahan ,angkat pedal kopling (kaki kiri) perlahan..ingat perlahan dahulu sesuaikan dengan rasa dan pikiran yang penuh,rasakan ketika secara perlahan mobil akan bergerak maju,terus tahan kaki kiri (kopling) jangan dilepas angkat perlahan disesuaikan dengan laju mobil yang mulai berangkat.pedal gas mulai di injak ditambah kedalamannya.

Lalu melajulah dengan perlahan dahulu,jangan panik jika ada hal yang darurat di depan anda,ingat saja injak pedal REM dan injak Kopling.

Majulah perlahan dahulu dengan sabar jangan terlalu kencang di awal belajar,resiko mobil sangatlah besar tidak sama dengan resiko tabrakan sepeda misalnya.Kalau mau kencang sangat gampang tinggal tancap gas saja dan memasang gear tinggi pasti kencang,,,tetapi itu nanti di arena balapan gan..hehe.

Hati-hati  dan waspada.tetapi tetap berjalan yakinlah selama sesuai "prosedur dasar "yang telah dipelajari sebelumnya pasti akan berhasil.

Diawal berjalan, letakkan tangan kiri di angka 9 arah jarum jam dan tangan kanan di arah angka jam 12 (untuk setir yang dikanan mobil,atau tangan kiri di angka 12 dan tangan kanan di angka 3 arah jarum jam bila setir sebelah kiri mobil),tangan kanan/kiri diam di perseneling sekian detik untuk berjaga bila mobil sudah maju normal lima atau empat meter kedepan untuk segera dipindah ke gigi dua atau disesuaikan dengan kondisi.

Yang perlu diperhatikan pada saat  mobil mulai maju..-
-Pandangan mata fokus ke depan ke jalan yang akan dilalui
-Gigi gear persneling harus di gigi satu.pada awal mulai berangkat.
-Ketika mobil mulai bergerak maju,tahan saja dulu pedal kopling jangan di angkat sekaligus,angkatlah perlahan disesuaikan dengan injakan gas dan laju mobil.
Supaya mobil tidak enjot-enjotan..di awal berangkatnya,kuncinya yaitu kopling ditahan dulu,diangkat perlahan......dan gas diinjak pelan.....!

Dan yang paling penting ! Biasakan selalu berdoa menurut agama dan kepercayaannya masing-masing sebelum menyalakan mesin mobil atau mau berangkat.

Bersambung. ke sini gan silahkan klik linknya Klik Di Sini-Cara Mengemudi Mobil Automatic bagi Pemula"