Jumat, 20 Juli 2012

Buka Puasa Perdana di Riyadh KSA Tahun ini

Tiga tahun yang lalu,dua tahun yang lalu dan setahun yang lalu pada acara yang sama yaitu buka bersama di mesjid jami dekat tempat kerja para TKI di sekitar kami,selalu setiap tahunnya berbeda.

Berbeda dalam jumlah orang yang biasa rutin teman sebangsa setanah air, yang suka berkumpul buka bersama di mesjid Jami Al Ridwan tempat terdekat dengan kamar-kamar kostan kami.

Setiap tahunnya berbeda karena para TKI sudah banyak yang pulang atau cuti, dan atau malah tertambah dengan teman TKI yang baru,itu terjadi dua tahun ke belakang th 2008 an,tetapi semenjak ada moratorium TKI ke Saudi,pada acara buka bersama tahun ini,hari ini Jumat 20 Juli 2012,TKI yang buka puasa di mesjid kami hanya tinggal sekitar 5 orang saja yang asalnya bisa hadir puluhan orang.

Sepi banget dan rindu mereka terutama yang telah sangat dekat sudah seperti layaknya saudara sesama di perantauan,bagi TKI di Saudi berkumpul saat menjelang buka puasa menjadi kegiatan yang dinantikan bukan karena mau acara makan gratisnya hehe...(soalnya kalau makanan malah banyak yang tidak termakan tuh ..), kita rindu bisa bersenda gurau berkumpul beberapa puluh orang dalam satu ruangan dan kesempatan,yang sangat jarang didapatkan bila tidak pada saat buka puasa bersama di mesjid.

Dunia memang harus berputar seiring masa yang harus terus berganti,seiring pula perjalanan nasib semua orang harus terus berubah setiap saat setiap jam setiap waktu,sehingga kebersamaan kamipun tidak selamanya abadi,setiap tahun teus berganti walau macam dan jenisnya sama tetapi kondisi dan situasinya pasti akan berbeda.Begitupun dengan acara kumpul bersama TKI di Mesjid dalam rangka buka bersama,yang jika di dua tahun yang lalu kami bisa banyak teman sampai puluhan orang,saat ini kami kesepian hanya hadir 2 atau 3 orang saja TKI disamping saya.

Sedih,dan benar-benar pilu jika saya mau cengeng hehe,saya dan satu teman di kiri kanan saya kesepian di tengah ramainya canda orang India yang semakin banyak di Riyadh ini,so penganti TKI yang balik kebanyakan penggantinya ngambil dari India.Mereka begitu bersenda gurau karena banyaknya teman di sana-sini,teman sebangsa setanah air,seperti waktu kami masih banyak rekan TKI dua tahun yang lalu.

Selamat berbuka puasa perdana saudara muslim,selamat malam buat pembaca yang non muslim.Berteman dimanapun kapanpun dan sama siapapun adalah sebuah hal yang mengasyikkan dan menyenangkan.

Salam.

0 comments: