Minggu, 08 Juli 2012

TKI Saudi Terpaksa Berbohong Mengambil Cuti

Artikel ini pernah saya kirim di kompasiana 16 April yang lalu:
Karena masih belum dibuka kembali pengiriman TKI Migran ke Saudi,sampai saat ini terjadi kelangkaan TKI Sopir dan PLRT di Saudi Arabia.

Padahal dua jenis pekerjaan ini berperan penting dalam kehidupan sehari-hari keluarga-keluarga kaya di Arab Saudi.

“Orang Saudi tanpa pembantu dan sopir pribadi,mati kutu ,”ujar Sopir pribadi asal Kenya Ali Mustofa ketika bertemu saya di Masjid beberapa saat yang lalu.

Dengan tidak masuknya TKI yang baru dari tanah air ke Saudi ditambah dengan banyak yang fanatik selalu ingin TKI Indonesia ,maka banyak TKI yang sedang bekerja di rumah-rumah Warga Saudi ditahan kepulangannya ke Indonesia walau masa kontrak kerja mereka sudah habis dan sudah berniat pulang kampung.

Para majikan atau disebut Kafil (sponsor) selalu mengulur-ngulur waktu jika ditanyakan hal kepulangan para TKI informal ini.

Pada umumnya majikan  mengijinkan pulang ke TKI jika  masa liburan sekolah tiba,sekitar bulan Syaban  atau sisa tiga bulan ke depan,karena saat ini (april/2012) sekolah masih berjalan mereka sangat membutuhkan bantuan PLRT dan Sopir.

Atau hanya mengijinkan pulang ke TKI lama jika sudah ada pengganti PLRT atau Sopir yang baru sebagai penggantinya.

Namun namanya orang kita selalu saja ada akalnya,yaitu mereka para TKi berbohong ke majikan dengan mengatakan bahwa kepulangannya ke Indonesia hanyalah bersifat “cuti” dan nanti setelah tiga atau enam bulan akan kembali.

Hak Cuti TKI Saudi terjamin dalam kontrak kerja mereka,yaitu jika TKI setelah masa dua tahun berakhir dan kedua pihak akan meneruskan kontrak kerja,maka berhak TKI mendapat cuti selama tiga sampai enam bulan,atau di beri uang pengganti tiket bila tidak diambil masa cutinya dengan pulang ke Indonesia.

Saat ini banyak TKI yang  eksit tidak balik lagi dengan berbohong hanya untuk cuti saja dengan tujuan untuk segera dipulangkan ke kampung,dan sudah tentu tak akan balik lagi karena hanya akal-akalan saja.

Berpengaruh terhadap citra TKI  ke depan nanti,saat inipun sudah dikenal  para majikan bahwa TKI yang minta cuti suka berbohong,selain dianggap mengkhianati kepercayaan mereka,termasuk mereka beresiko di banned oleh imigrasi tidak bisa mengambil lagi visa TKI selama beberapa tahun
Lowongan kerja informal terutama TKI laki-laki  di Saudi masih akan dibutuhkan untuk beberapa tahun ke depan oleh bangsa kita,apalagi pengangguran di tanah air semakin bertambah.

Menjadi TKI migran ke Saudi adalah alternatif yang membantu mengatasi sebagian masalah besar pengangguran di bumi nan subur makmur Indonesia.

Jika citra TKI  jelek suka berbohong  mereka tak akan tertarik mengambil TKI klagi.Khususnya TKI laki-laki yang selama ini tidak banyak bermasalah di Saudi.