Jumat, 13 Juli 2012

Olahraga Ketika Berpuasa ?

Kegiatan olahraga ketika sedang berpuasa di siang hari ?

Wah kalau bisa jangan deh,bagaimanapun keadaanya jika kita terlalu banyak bergerak di siang hari atau berolahraga berat sampai berjam-jam sangat tidak disarankan,karena pasti akan memerlukan energi yang banyak.

Rasa haus dan lapar akan muncul karena energi kita terkuras oleh berbagai gerak tubuh saat olahraga,yang terbaik jika mau berolahraga adalah satu atau dua jam menjelang saat buka puasa.

Itupun berolahragalah yang ringan-ringan saja karena perut dan lambung kita serta tubuh dalam posisi kosong dan tidak ada cadangan energi  banyak yang harus "dibakar' oleh tubuh kita.

Misalnya olahraga jalan-jalan sore sambil "ngabuburit' atau volley bal ringan atau apa saja yang ringan-ringan dan jika sudah lelah maka saat berbuka sudah dekat,jika dilakukannya saat menjelang waktu buka.

Atau lakukanlah setelah shalat tarawih,tentu akan lebih bagus namun itupun tetap saja jangan melakukan olahraga yang berat-berat dan keterlauan.

Sangat tidak disarankan jika berolahraga sehabis makan sahur,karena ya tahu sendiri deh,kegiatan yang menguras keringat dan banyak bergerak akan memancing dan merangsang tubuh ini meminta makan dan minum,kehausan dan lapar jadinya.

Sehabis sahur berolahraga ringan saja,misalnya senam nafas dan senam ringan sebelum berangkat ke pengajian atau berangkat kerja.

Salam sehat segar bugar dan tetap semangat menyambut bulan puasa.

ilustrasi :shutterstock

0 comments: