Jumat, 23 November 2012

Lari Pagi di Taman Kota,Al Rawabi Riyadh



Taman kota atau Hadiqah (Bhs.Arab) terutama di Riyadh sangat banyak,hampir di setiap blok perumahan selalu ada taman.Baik yang dibangun oleh pemda setempat maupun yang dibangun oleh jamaah keluarga tertentu warga kaya di Saudi,gratis terbuka untuk umum.

Karena di Riyadh kondisi keamanannya sangat baik.Di taman kota Riyadh jika jalan-jalan dinihari sekalipun jangan takut ada jambret atau penodong,walau sekali-kali pernah terjadi tetapi itu tidak sebanyak kasus di tempat lain.

Paling-paling hanya ditanya polisi patroli jikalau kita terlalu malam berada di tamannya.Kalau dokumen kita lengkap,ya lancar-lancar saja,kadang polisi hanya bertanya sedang apa anda di sana dan terus berlalu.

Ada juga sih taman yang dibatasi waktu kunjungannya,misalnya di taman-taman kota komplek Musium Raja Abdul Aziz di daerah Distrik Hayyi Dira dan sekitar dekat Distrik Batha.Namun jika di taman-taman lainnya asal tidak berisik ya aman-aman saja,malah jika malam Jumat mau begadang sampai pagipun tidak masalah.

***
Saya sendiri jika Jumat pagi menjadi bebas tidak kerja,karena sekolahan libur di hari Kamis dan Jumat.Pagi tadi saya sempat jalan-jalan,lari pagi dan keliling taman dekat tempat tinggal saya.

Tidak seperti di tanah air,di kampung saya jika pagi hari libur di lapang atau taman kota,selalu banyak orang-orang yang berolah raga,tetapi di sini tak banyak warga Saudi yang berolahraga.

Ketika saya tiba di taman tersebut,hanya mendapati dua orang pria Mesir,dua pria India pegawai toko dan beberapa pemuda tanggung asal Philipina serta dua orang WNI bersama saya.

Taman kota ini termasuk taman berukuran sedang,kira-kira luasnya hanya 1,5 ha,ada fasilitas WC umum,mushola,lampu taman,tempat bermain anak dan lintasan untuk berlari atau sekedar jalan-jalan.

Saya masuk taman ini pagi buta,sengaja shalat Subuh di mesjid terdekat.Lalu setelah sembahyang langsung jalan-jalan sambil menikmati suasana awal musim dingin,cuaca khas gurun sahara.Suhu udara antara 23 s.d 27 DC ditambah saat Matahari baru terbit di ufuk timur,menajdikan suasananya seperti rasa hawa Indonesia.

Sangat segar dan menyenangkan,jalan-jalan dan lari pagi membuat tubuh dan pikiran sedikit lega dan bergairah.

Ini ada foto-foto sekitar itu lumayan walau saya ambil dengan kamera 5 MP dari ponsel dan amatiran.

Taman ini baru dibangun belum tumbuh rumputnya,biasanya kalau yang sudah lama semua bagian taman dipenuhi
rumput hias yang hijau.(Koleksi pribadi :bernadaindo.com)
Salah satu Taman Kota (Hadiqah) di Al Rawabi-Riyadh.KSA.





0 comments: