Selasa, 27 November 2012

Mall dan Pasar di Riyadh

Walaupun kota Riyadh tidak termasuk Kota tujuan wisata paling diburu di dunia,tetapi mungkin saja ada sebagian pembaca yang untuk suatu kepentingan harus singgah atau mengunjungi dan tinggal di kota ini.

Riyadh dengan status sebagai Ibukota Kerajaan Saudi Arabia,menjadikannya banyak kantor dan perwakilan perusahaan atau instansi negara-negara di dunia bertempat di sini.Termasuk mungkin dari anda pembaca ada yang berasal dari Brunei,Malaysia dan Indonesia,yang mengerti bahasa standar yang dipakai di blog ini.

Tidak komplit memang,namun yang saya tulis hanya yang saya pernah kunjungi saja.Atau pernah saya singgahi dan saya lihat sendiri.

Mall yang besar-besar atau hanya pusat perbelanjaan sedang dan kecil sangat banyak di sini.Hampir di setiap distrik mempunyai Mall besar.Apalagi setingkat Pasar Induk dan Super market,terutama super market yang buka 24 jam.

Mall-mall yang besar diantaranya Al Othaim Mall,terletak di Jalan Khuraish,di sini juga ada Riyadh Mall,Carefour Mall,Al Sadhan dan Toko Buku Besar Al Jareer plus menjual gadget dan handphone.

Di jalan King Abdul Aziz,ada Sahara Mall dan Al Hayat berdampingan,di perempatan antar jalan Malik Abdullah dan Malik Abdul Aziz.Termasuk sepanjang jalan sini banyak juga restaurant-restauran khas Turki,Maroko,China,Beirut ,Libanon dan Eropa.

Di eksit 15 Jalan lingkar timur (East Ring road) ada Al Othaim-Rabwah Mall,berdampingan dengan City Mark dan Pasar Induk Suk Majid.Berseberangan dengan Masjid Besar Al Rajhi.

Di sepanjang jalan Olaya dan sekitarnya ada Faisaliyah Mall dan Mamlaka Tower.anda bisa masuk dengan bebas memandang kota Riyadh dari ketinggian gedung yang untuk sementara ini menjadi trade merknya atau ciri khasnya kota Riyadh.

Masih sepanjang jalan Olaya (kota),ada Marina Mall,ada Pasar Tayibah,Pasar Andalus,Riyadh Gallery Mall dan pasar-pasar induk kecil lainnya.

Seberang jalan Olaya,ke arah barat sedikit ke Jalan Malik Fahad dan persimpangan jalan Thalia,ada Panorama Mall dan pusat grosir komputer serta barang-barang keperluan dapur,(B,Arab;Mawain).

Di eksit 9,Tarikh Dairi ada Mall Carefour yang tempat parkirnya sangat luas dan nyaman,di eksit 20 dan 22 anda bisa masuk kawasan Grosir Batha.

Di Kawasan Kota Tua Batha,anda bisa menelusuri pusat-pusat grosir berbagai ragam barang,aksesoris dan suku cadang mobil bekas di Sanaiyah Gadim,untuk belanja Emas dan perhiasan lainnya di Pasar Hayyi Dira,atau mau belanja mainan anak dan pakaian murah di sekitar Mesjid Agung Hayyi Dirra dekat Batha samping Musium Kerajaan,King Abdul Aziz.

Bisa masuk dari jalan King Fahd atau dari Lingkar selatan Batha.

Di eksit 22 dan 23  masuk jalur Tarikh Dirab,tepatnya di Hayyi Shifa.ada pasar murah dekat Shifa Mall,samping Mesjid Agung Amirah.

Kemudian di Distrik Badi'ah,Hayyi Badi'ah dan Hayyi Swedi anda bisa masuk ke AL Badiah mall,serta pasar-pasar dan Mall Hyper Panda Badiah.

Di hayyi Nasim anda bisa belanja aksesoris mobil di Sanaiyah Nasim,atau di Pasar Murah Nasim serta Mall Al Kharam Centre.

Masih banyak yang belum dicatat,semoga sedikit informasi ini bisa membantu anda WNI yang sedang berada di Kota Riyadh.

Jangan lupa jika anda wanita,selalu memakai pakaian Abaya,kecuali bila di tempat-tempat khusus Mal Wanita.Mall khusus wanita.

Seperti di Mall khusus wanita,Mall AL Busra di eksit 14,pria dilarang masuk,letaknya di sampng Mall Mubarak Style seberang Al Sadhan Mall Rabwath.

Selamat berbelanja hehe...

Keterangan (Hayyi..B Arab=ditrict,distrik,kampung atau setingkat wilayah kecamatan)

0 comments: