Jumat, 01 Maret 2013

Serangan Umum 1 Maret dan Kenangan Pak Harto di Mata Saya

Sebagai generasi yang lahir di tahun 1970an,saya tentu banyak mendengar tentang Pak Harto.Meskipun hingga beliau meninggal saya tidak pernah bertemu muka "kopi darat' dengan beliau.Namun saya serasa kenal dan dekat dengan beliau,karena bagaimana tidak,hampir setiap jam dan setiap hari saya selalu mendengar 'berita dari RRI' atau TVRI sekali-kali, yang seakan sudah menjadi ciri khas topik berita waktu itu.

Berita Nasional yang disiarkan secara sentral dan disiarulangkan oleh seluruh jaringan Radio negara atau swasta waktu itu,di permulaan beritanya sangat dipastikan akan dimulai dengan kalimat sbb :

"Selamat pagi,berita nasional dibacakan oleh Hasan Asari Oramahi (penyiar pavorite saya waktu itu).Seri berita penting....Presiden Suharto pagi ini akan meresmikan pembukaan pertama proyek anu-proyek anu,jalan anu,jembatan anu dan seterusnya...".

Kalimat-kalimat dan berita semacam itulah yang selalu saya dengar hampir setiap hari,terutama jam 7 pagi ketika mau berangkat ke sekolah.Terus di dalam berita-berita TVRI juga selalu ditayangkan ketika beliau berbicara langsung dengan petani atau nelayan,dalam acara Kelompencapir dan semacamnya.Termasuk di media cetak dan media massa saat itu,tidak ketinggalan selalu memenuhi halaman utamanya dengan topik pembangunan dan Pak Harto.

Sangat kagum saya waktu itu,sehingga di rumah pun punya foto presiden RI khas waktu itu, sengaja membeli dari pedagang kaki lima yang banyak menjual gambar pejabat atau artis.

Dari buku-buku sejarah juga banyak membaca bagaimana sepak terjang seorang Letnan Kolonel Suharto sebagai salah satu yang memimpin Serangan Umum 1 Maret.Sehingga masih menurut buku sejarah,Serangan Umun 1 Maret di Yogya tahun 1949,yang juga populer dengan sandi operasi Janur Kuning,telah membuka mata dunia internasional bahwa Republik Indonesia ternyata masih ada.

Setidak-tidaknya informasi bentuk seperti itulah saya mengenal Suharto,ketika sedang beranjak dewasa.Pernah dan sampai sekarang masih ada rasa bangga kepada beliau akan jasa-jasanya membawa RI menjadi maju.

Terlepas dari segala kekurangan dan kesalahan politik beliau,itulah yang saya dapatkan kesan-kesannya terhadap beliau yang pernah mendapat penghargaan sebagai "Bapak Pembangunan RI".Padahal belum pernah bertemu langsung atau tidak ada keturunan dekat secara garis keturunan dari kakek nenek saya.

Tetapi kagum saja kepada beliau saat itu.Kagum dengan sejarah dan riwayat hidup yang asalnya anak petani biasa hingga bisa menjadi seorang Presiden RI yang membanggakan,dan pernah disegani dunia pada zamannya.

***

Sekali lagi,maaf terlepas dari segala kesalahan dan kekurangannya beliau secara politik.Sebagai manusia biasa,tidak berlebihanlah kalau saya mengapresiasi jasa-jasa beliau dalam setiap perjuangannya demi bangsa dan negara ini.

Kini beliau sudah meninggal dunia,dan tentu saja hanya Tuhan dan beliau saja yang tahu akan kesalahan dan amal saleh yang beliau perbuat selama hidupnya.Semoga arwah Pak Harto damai di sisi-Nya,diampuni segala dosanya,di alam barzah sana.

***

Postingan ini bukan untuk memuja sosok Pak Harto,sekedar napak tilas saja kenangan pada umumnya zaman itu.Sesuai masa-nya pula,waktu itu meskipun saat ini ada terbukti di beberapa kebijakannya ,bahwa banyak yang belepotan dengan pelanggaran HAM,dugaan korupsi,nepotisme,dan sebagainya,Namun jasa-jasa beliau juga tentu saja sangat banyak bagi bangsa ini.Saya tetap menghargai beliau sebagai salah satu putera terbaik yang dimiliki bangsa Indonesia.

Tidak baik untuk menceritakan kejelekan bagi orang yang sudah meninggal.Adat dan budaya serta kepercayaan saya,begitulah mengamanatkan.Oleh karena itu,pada postingan kali ini,saya sebagai pribadi yang pernah merasakan "ketentraman' dan menyaksikan beberapa bagian babak "derap pembangunan" di negara ini,izinkan untuk mengapresiasi jasa-jasa baiknya selama memerintah RI.Sekali lagi terlepas dari segala kekurangan dan kesalahan politik yang pernah ia lakukan,jika memang benar adanya.

***
Zaman Suharto telah berlalu,orde baru tinggal sejarah,era reformasi menggantikan era penuh perjuangan membangun bangsa dengan segala dinamika di dalamnya.Semoga era reformasi yang identik dengan era perubahan lebih baik dari masa orde lama dan orde baru di bangsa ini,menjadi sebuah era yang lebih baik dari dua era sebelumnya.

Rakyat adil makmur,sejahtera,pemerintahan bersih berwibawa dan menjadi negara yang baldatun,thayibatun warobun ghafur.Negara yang adil makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 semakin dekat dan bisa terwujud dengan segera dan abadi.

***

1 Maret 1949 - 1 Maret 2013


Serangan umum 1 Maret 1949,membuka mata dunia kembali menyadari bahwa RI masih ada saat itu,Dan 1 Maret 2013,semoga membuka mata kita semua,agar tidak melupakan sejarah serta terus semangat membangun RI dari pos kita masing-masing demi kesejahteraan bersama seluruh rakyat Indonesia.

Saya akan tetap bangga menjadi bagian dari anak bangsa Indonesia,apapun adanya.Indonesia tanah air beta,tanah tumpah darah kita,tanah tempat handai taulan kita berada.

Yakinlah RI akan maju dan menjadi negara kebanggaan kita,disegani di seluruh dunia.Itu semua tergantung kepada anda dan kita semua rekan pembaca sesama anak bangsa.

Salam sesama anak bangsa Indonesia. Merdeka !

***



Indonesia Tanah Airku

Ciptaan : Ibu Soed

Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak kan hilang dari kalbu
Tanahku yang kucintai
Engkau kuhargai

Walaupun banyak negri kujalani
Yang masyur permai dikata orang
Tetapi kampung dan rumahku
Di sanalah kurasa senang
Tanahku tak kulupakan
Engkau kubanggakan

(sumber;dari akun you tube Mas Widhibrata2.You tube.com)

0 comments: