Minggu, 17 Maret 2013

Ngintip Resep Sukses Jokowi dan Chairul Tanjung

Saat ini,siapa yang tak mengenal sosok Joko Widodo dan Chairul Tanjung.Jokowi,seorang pengusaha furnitur sukses sejak 1988,hingga kini jadi Gubernur DKI setelah sebelumnya memukau dan berprestasi sebagai Walikota Surakarta,Solo.

Chairul Tanjung adalah seorang yang sukses juga sebagai pengusaha,saat ini sebagai pemilik Bank Mega,Trans TV,Carefour dan Trans Studio.Keduanya sudah membuktikan keberhasilannya menjadi seorang pengusaha yang banyak bermanfaat bagi dirinya,keluarga dan orang banyak.

Dari berbagai sumber media massa saya sarikan inti resep sukses mereka,yang mudah-mudahan ada manfaatnya bagi sahabat pembaca di blog ini.

Hari ini Minggu,17 Maret 2013 mereka berbagi kisah suksesnya dalam Seminar Wirausaha di gedung Smesco,Jakarta.Tentu saja saya tidak menghadirinya gan,secara karena satu enggak diundang,keduanya jauh deh,saya kan masih di Riyadh,Sangudi Ngarabia,hehe..! Sekali lagi ini saya sarikan dari berbagai sumber media online yang menulis kegiatan tadi.

Seperti dikutip dari Viva news,Chairul Tanjung berkata,"Kalau mau jadi wirausaha Anda harus punya komitmen, dan mulai lah dari sesuatu yang bisa dikuasai,"

Selain itu inti tips sukses yang lainnya beliau menambahkan,bahwa intinya: seseorang yang mau berwirausaha terutama yang masih muda dan masih pemula,harus mampu menghadapi kerasnya kehidupan,karena di masa depan iklim usaha akan banyak tekanan luar biasa.Jadi,harus dipersiapkan mental dan fisik yang kuat.

"Kita harus kuat mental dan fisik,kedua tidak gampang menyerah dan itu terpacu pada diri saya," Katanya lagi.(dikutip dari :us.bisnis.news.viva.co.id./17/03)

***
Saya rasa yang perlu digarisbawahi adalah ,modal utama untuk sukses menjadi pengusaha atau walaupun hanya jadi sebagai pedagang,paling tidak harus mempertimbangkan hal-hal berikut :

1.Persiapkan mental yang kuat,kesehatan fisik yang prima,sehat serta bugar.Upayakan badan jangan sakit-sakitan.

2.Mulailah berusaha dari hal atau jenis yang sudah dikuasai.Serta memiliki mental yang kuat dan kepribadian yang Pantang Menyerah.Berani dan mau bangkit dan bangkit lagi serta belajar cepat dari semua pengalaman buruk di perjalanan awal berusaha.

3.Kesempatan untuk meraih sukses (sukses arti di sini adalah memperoleh materi,uang,harta yang baik) adalah hak setiap orang tidak pandang bulu,termasuk hak dari setiap orang yang asalnya dari keluarga dan keturunan miskin.

Setidaknya itulah yang saya tangkap dari berbagai sumber yang saya simak.Lalu beberapa tips dari Pak Jokowi juga sederhana saja tetapi sangat dimengerti dan mudah dicerna,serta tidak sukar untuk dilakukan jika ada kemauan.

Misalnya,Jokowi berbagi semangat bahwa,jangan terpaku dengan kurang modal lalu jadi patah semangat untuk membuka usaha (baca:jadi pengusaha),Pak Joko mengibaratkan dirinya,ketika pada langkah awal jadi pengusaha dahulu,yaitu dengan memaksimalkan waktu yang ia miliki.

Beliau berkata,ketika di tahun-tahun pertama usahanya berawal dari memasarkan produknya dari pintu ke pintu (saya menangkapnya berarti dari cara paling konvensional).Lalu memanfaatkan waktu dengan baik bahkan menambah jam kerja,dikatakan beliau di awal jadi pengusaha bekerja diibaratkan dari waktu Subuh ke hingga waktu subuh berikutnya.Kejar target dan tambah jam kerja.

Dari keduanya,bisa disimpulkan adalah bahwa semangat pantang menyerah,memelihara selalu dan menjaga kesehatan mental dan fisik,mampu serta berani menghadapi tantangan,lalu jangan ragu untuk memulai walau dengan teknis usaha awal dari cara paling konvensional dan skala kecil sekalipun.

Nanti seiring dengan kemajuan perusahaan,ya diiringi pula oleh kemampuan dan tambahan ilmu-ilmu manajemen dan ilmu lainnya untuk menambah kualitas "kewirausahaan" diri kita.

Dan tentu saja bukan hanya ulasan di atas saja ilmu sukes yang lainnya masih banyak.Termasuk mungkin ilmu dari Anda yang sedang membaca ini.

***

Tulisan ini,saya postingkan adalah catatan ringan untuk diri saya saja tadinya,agar menambah inspirasi dan semangat diri sendiri untuk tetap semangat dalam hidup ini.Mohon maaf jika ada kekeliruan,saya hanya berbagi cerita saja dengan Anda semua sahabat pembaca.

Dengan harapan semoga cerita saya membaca dan menyimak kegiatan-kegiatan dan informasi inspiratif dari sumber lain yang saya lakukan untuk semoga bermanfaat bagi Anda.Yang tentu saja Anda sudah lebih paham dan mengerti daripada saya sendiri.

Bila ada kesalahan maksud materi di atas,itu hanyalah semata kesalahan opini saya pribadi.Namun jika ada manfaat,semoga kebaikan selalu menyertai kita semua.Saya hanya berbagi informasi saja gan,ditambah dengan sedikit opini pribadi sesuai pengalaman saya.Terima kasih.

***
Disarikan dari berbagai sumber.


0 comments: