Minggu, 09 Juni 2013

Masa Obeng dan Tangga Saja Tiap Hari Minjam Tetangga

Sebagai bentuk pengamalan dari teori tentang mandiri,bisa kita mulai dari hal-hal terkecil seperti ini,misalnya ketika harus memperbaiki genteng atau tembok rumah yang tidak bisa dijangkau tubuh kita karena terlalu tinggi,tentu memakai Tangga atau kuda-kuda.Sebagai yang mampu mandiri seharusnya sebuah rumah tangga layak mempunyai perlengkapan atau perkakas semacam Tangga ini.Tidak selalu harus minjam kanan-kiri atau minjam ke tetangga sebelah terus kalau di rumah sedang memperbaiki genteng atau plapon misalnya..

Perlengkapan sehari-hari rumah tangga yang baik adalah yang punya sendiri,tidak banyak meminjam alat atau barang milik orang lain.Asal tahu saja gan,jika tetangga terlalu terus sring dipinjami barang atau alat perkakas sepele demikian,di belakang kita pasti tetangga menggerutu.Walaupun sebagai orang timur pasti mereka memberi pinjaman juga,tetapi kalau kita punya 'harga diri',memiliki alat-alat demikian sendiri sangatlah perlu.

Taruh saja contoh yang lain,jangan terlalu sering minjam kunci-kuci mobil atau motorlah,pinjam cangkul atau singkup-lah,pinjam motor apalagi pinjam mobil (kecuali mobil rental,tetangganya buka usaha rental) hehe...!

Atau bahkan pinjam Obeng,Tang,Panci,Tenda,Kursi,Gunting,atau pinjam apa saja ke tetangga,tidak baik untuk harga diri dan jiwa 'mandiri' kita.

Usahakan secara bertahap saja,di rumah selalu menyediakan gudang buat menyimpan peralatan kebutuhan sehari-hari.Simpan dan beli secara berangsur saja,coba beli Tang,Obeng,Kunci sok dan kunci ring bengkel motor atau mobil,beli tangga,senter,kabel cadangan,selang air atau beli persediaan ember dan perkakas rumah tangga lainnya.

Bukan saya mempengaruhi Anda untuk egois dan individulalistis,namun saya mengajak untuk berlatih mandiri,belajar mandiri,dan diawali saja dari hal kecil untuk memupuk dan membina jiwa mandiri.

Bagi para mahasiswa atau pelajar,jangan terlalu sering atau bahkan hindari selalu meminjam buku teman,tas teman,hape teman,laptop teman,nebeng ongkos,nebeng makan,nebeng tidur dalam jangka lama di kamar kost teman dan sebagainya.Tidak baik untuk pembentukan jiwa mandiri kita.

Mulai dari hal-hal bersikap dan berjiwa mandiri semacam hal tersebut,dipastikan secara perlahan akan  membentuk dan jadi kebiasaan berperilaku,berjiwa dan selalu bersikap mandiri dalam hal yang lainnya.Salam mandiri,mandi sendiri juga..!

Salam.

0 comments: