Rabu, 19 Juni 2013

Mengatasi Mabuk Perjalanan

Ada kawan saya yang jika bepergian memakai mobil atau alat angkut lainnya selain sepeda motor,maka beliau selalu mengalami mabuk perjalanan.Tidak jarang jika sudah terjadi,ia muntah-muntah,mual,muka pucat,masuk angin semua badan panas dingin dan keluar keringat sekujur tubuh.

Bagi yang pernah mengalaminya,mabuk perjalanan ini sangat mengganggu kenikmatan dan asyiknya selama di jalan.Boro-boro menikmati suasana,malahan terus sibuk mengatasi rasa perut mual ingin muntah dan badan seperti linglung hilang kesadaran.Ditambah pula jika sampai muntah,suka disertai oleh rasa "enek,eneg" dan nyeri di dada atau sakit di saluran pencernaan bagian atas.

Jika sudah dilanda mabuk,susah sekali mengobatinya,selain ya,berhenti saja turun dari mobil,lalu istirahat kemudian minum air hangat.Bisa juga ditambah digosokan minyak angin atau balsem yang mengandung menthol dan sejenisnya.Atau dibantu pemulihannya selama istirahat sebentar dengan dipijat seluruh bagian tubuh terutama bagian leher dan punggung.

Untuk mengatasi 'kebiasaan' atau terlanda mabuk perjalanan,perlu kiranya diperhatikan hal berikut sebelum melakukan perjalanan jauh memakai kendaraan bermotor,apalagi jika medan jalanannya banyak berliku dan kurang baik kualitas aspal atau banyak jalan rusak dan naik turun.

Antisipasi agar tidak mabuk perjalanan bisa dicegah dengan persiapan berikut :

1.Pastikan perut kita terisi oleh makanan yang baik dan sehat sebelum berangkat,hindari makanan yang terlalu pedas,terlalu asam.Makan atau sarapan dengan baik,tidak terlalu kenyang juga jangan terlalu sedikit.Perut terisi dengan cukup.

2.Minum air putih secukupnya satu atau dua jam sebelum naik ke kendaraan.Pastikan kondisi tubuh sehat dan segar.

3.Bisa dibantu juga dengan meminum obat anti mabuk sesuai dosis yang dianjurkan.Lebih baik disertai dengan minum obat  untuk mengatasi gejala penyakit mag.

4.Jika suka dengan aroma minyak angin atau balsem gosok,ulaskan merata minyak angin yang hangat atau minyak telon ke bagian dada dan perut sampai pusar.

5.Duduklah di bagian depan kendaraan,agar pandangan fokus dan lebih banyak melihat ke bagian depan arah perjalanan.

6.Cobalah bersenda gurau atau ngobrol santai dengan Sopir atau anggota keluarga yang ikut di kendaraan.

7.Jaga selalu kondisi badan atau tubuh secara keseluruhan,karena kondisi kesehatan tubuh yang buruk secara umum bisa mengakibatkan mudah terjadinya mabuk perjalanan.

8.Jangan lupa bawa ember kecil atau kantong plastik,jaga-jaga bila muntah tidak menyembur ke kursi atau pakaian Anda,karena ketika mabuk melihat muntah berceceran akan semakin merangsang terjadi mual dan muntah kemudian.

9.Beristirahatlah barang sebentar jika ada penumpang yang mabuk atau muntah di kendaraan kita.

Selamat menikmati perjalanan Anda.

0 comments: