Kamis, 26 September 2013

Jika Tubuh Selalu Sehat,Produktivitas Akan Meningkat

Produktivitas ialah kemampuan untuk menghasilkan sesuatu.Sebagai manusia tentu saja yang dimaksud hasil sesuatu di sini adalah sesuatu yang positif.Misalnya seorang karyawan agar bisa terus bisa bekerja sepanjang hari kerjanya,bagi seorang pengusaha agar terus bisa menambah produksi dan meningkatkannya dari hari ke hari,produktif bagi seorang pelajar atau mahasiswa agar bertambah terus tiap hari ilmunya dan tidak banyak membolos hadir di kelas untuk menimba ilmu yang baru setiap hari belajarnya.

Arti sederhananya produktif bagi diri kita adalah dimana diri ini bisa terus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan bagi orang lain.Dan masih banyak definisi lainnya tentang ini,namun yang saya maksud kali ini adalah produktif agar diri kita tidak rugi dan menjadi tidak produktif dengan sia-sia hanya karena kebiasaan kita yang kurang mempersiapkan dan tidak disiplin dengan kesehatan diri.

Misalnya saja begadang setiap malam.Begadang untuk sesuatu hal yang tidak penting artinya Anda sadar atau tidak sadar sedang menurunkan produktivitas diri sendiri.Karena jika terlalu banyak begadang lambat laun kekebalan tubuh dan tingkat kesehatan Anda akan menurun,bahkan akan tiba suatu waktu di masa depan dimana kondisi tubuh akan rapuh mudah jatuh sakit.

Dengan badan dan tubuh sakit-sakitan,mana mungkin produktivitas diri kita akan tercapai.Bisa-bisa malahan akan terjadi kekalahan demi kekalahan dan terus menjauh dari sukses yang selama ini kita selalu cita-citakan.

Sering jatuh sakit boro-boro memikirkan tentang visi misi dan strategi meraih sukes di masa depan,untuk menghadapi rasa sakit dan tidak fit tubuh sendiri saja sudah akan sangat repot dibuatnya.Padahal hal ini hanya bermula dari tidak teraturnya pola tidur yang keseringan begadang setiap malam untuk hal yang tidak terlalu penting.

Tidur yang cukup selama 7-8 jam sehari semalam dan disiplin dengan jadwal serta tidur pada waktunya yang normal yaitu pada malam hari.Tidur yang baik adalah tidur setelah saat Isya sekitar jam 21.00 hingga bisa bangun lebih cepat nanti  pada saat-saat 3/4 malam.Anda bisa bangun pukul 2.30 atau jam 3.00 pagi,bisa diiisi oleh berbagai kegiatan kontemplasi,berdoa,beribadah lalu olahraga secukupnya di waktu subuh dan berangkat bekerja di awal waktu.

Berangkat tidur di awal malam lalu bangun cepat di awal pagi atau dini hari,akan membuat tubuh berpeluang sehat dan segar karena cukup istirahat dan menghirup oksigen pagi hari dengan baik.Sementara itu semua rencana dan aktivitas di siang harinya sudah matang dan siap karena ada persiapan yang baik di awal waktu.

Selamat tidur cepat di awal malam ,dan bangun cepat di awal pagi atau saat dinihari.Insya Allah akan membuat diri kita menjadi lebih produktif dan kualitas kesehatan jiwa raga akan lebih baik daripada yang suka banyak begadang setiap malam.

***

Intinya adalah selalu disiplin diri untuk tetap menjaga kesehatan tubuh lahir dan bathin demi untuk terus menjaga produktivitas kita.Agar diri kita lebih bisa terus menghasilkan sesuatu yang baik dan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.Kesehatan lahir dan bathin adalah urutan nomor satu untuk bisa membuat hidup kita bahagia.

Selamat pagi semua....


0 comments: