Sabtu, 14 September 2013

Kalau Tidak Salah,Tidak Akan Ada Masalah

Masalah pada umumya terjadi ketika ada sesuatu yang salah dengan kita.Kalau tidak ada salah,kemungkinan besar hidup kita tidak akan ada masalah.Maksudnya masalah dalam arti hal yang membuat seseorang menjadi terlibat dalam berbagai bentuk keburukan.

Celakanya,kesalahan itu,penyebab kesalahan itu tidak selalu harus ada niat dan kesempatan seseorang ketika berbuat salahnya.Bisa saja meskipun tidak disengaja dan tidak diniatkan untuk berbuat salah,tetapi tetap terjadi kesalahan.Baik itu kesalahan perseorangan maupun kesalahan secara kolektif dalam sebuah sistem atau komunitas misalnya.

Kesalahan juga bisa terjadi karena sebab suatu kelalaian,padahal tidak berniat untuk berbuat salah tetapi karena suatu kelalaian,maka terjadi juga salah atau perbuatan yang salah itu.Akhirnya yaitu tadi,jadilah datang yang namanya masalah.

Dalam hal ini yang dimaksud adalah masalah pribadi diri kita.Semua masalah yang timbul adalah karena adanya suatu kesalahan dalam runtutan sejarah aktivitas kita sebelumnya.

Lalu,bagaimana menyikapi bila sudah terjadi sebuah kesalahan itu ? Akan panjang membahas ini,namun pada dasarnya adalah jika sudah kadung terjadi,maka segera minimalisir kesalahannya,lalu perbaiki dan revisi serta bersihkan semua kesalahan itu sesegera mungkin.Kembalikan semua yang tidak benar kepada jalur yang lurus lagi,kembalikan segala yang 'bengkok dan terpeleset"  itu kepada rel-nya lagi.

Untuk tidak selalu hidup ini dirundung masalah terus,maka antisipasi dengan selalu waspada dan berhati-hati dalam hidup ini.Usahakan tidak banyak membuat kesalahan-kesalahan,antisipasi segala kesalahan yang tidak disengaja dengan terus menambah ilmu hidup dan kehidupan disertai dengan berusaha selalu hidup berada pada jalur dan rel yang lurus dan benar.

Dengan terus belajar dan menambah ilmu hidup dan kehidupan,disertai selalu berada pada jalur yang benar,setidak-tidaknya akan menjadikan hidup kita tidak teralu banyak terjadi membuat kesalahan.Kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja,karena hidup kita bersama ilmu,dan tentu saja jika hidup demikian tidak akan terlalu banyak punya masalah terlalu pelik dan dirundung banyak masalah buruk  dalam hidup ini.

Jadi jika kita sedang merasakan ada banyak masalah saat ini,itu artinya ada sesuatu yang salah pada sikap,sifat dan tindakan serta tingkah laku kita sebelumnya.Mari introspeksi diri dan obatnya segera membetulkan atau segera menebus semua kesalahan masa lalu itu dengan istiqamah di jalan yang benar dan lurus sejak saat ini dan saat yang akan datang.Memperbaiki terus diri sendiri.

Salam.

*) Masalah yang dimaksud dalam ulasan ini adalah masalah buruk dalam hidup.

0 comments: