Senin, 20 Agustus 2012

Nih Dia Sebagian Obat Resep Tradisi Ortu

Jaman sekarang dunia kedokteran dan kesehatan sudah modern dan maju,berbagai ilmu,tenaga-tenaga medis dan peralatan sudah canggih-canggih dan mutakhir dibarengi pula oleh dunia Farmasi yang juga sudah sama maju dan modern pula,namun sejalan dengan itu biaya untuk berobatnya tidak semua rakyat bisa menjangkaunya,yaitu MAHAL...gan..hehe.

Selain biaya mahal juga tidak mau bukan perut kita lalu dipenuhi oleh berbagai macam obat dari apotik pindah ke badan kita.

Tidak sedikit banyak pasien yang mencoba beralih ke berbagai cara pengobtan alternatif,wuih..banyak deh kalau bicara masalah pengobatan alternatif ini,dari yang masih masuk akal sampai ke cara yang diluar masuk akal atau luar natural ,suprannatural,diluar normal,paranormal dan sebagainya.

Nah yang ini saya berbagi tentang pengobatan dengan resep yang ringan-ringan saja dan tentu hasilnya tidak menjamin akan sehat,itu urusan Tuhan gan,namun paling tidak jika tejadi dalam keadaan darurat dan gawat bisa digunakan sebagai berikut misalnya :

1.Untuk menghentikan pendarahan ketika luka atau terbentur sesuatu di tubuh.

Coba ambil pelepah daun pisang,potong dan ambil getahnya lalu oleskan ke luka,atau daun ilalang dan daun "babadotan"(ini dalam bahssa sunda,saya lagi nyari kata latinnya ),lalu dikunyah sebentar dan ditempelkan ke lukanya.

2.Obat untuk sakit perut,mencret dan semacamnya.

Ambil beberapa lembar daun jambu batu,jambu klutuk dan rendam dalam air panas,seperti menyeduh air Teh,lalu minum beberapa gelas lebih kental lebih baik.

3.Obat panas dalam dan sukar membuang  air besar,sembelit atau susah BAB

Ambil buah pepaya yang sudah matang dan makanlah sebanyak-banyaknya hehe,dijamin lancar dan usus bersih.

4.Obat demam bagi anak-anak.

Jika balita anda mendapati demam,panas dan merengek terus karena masuk angin atau kedinginan dan perubahan cuaca,maka bagi balita kalau keadaanya masih ringan jangan terlalu banyak diobati dengan bahan obat kimia,kalau bisa mari coba resep berikut untuk dibuat sebagai kompres.

Siapkan bawang merah,bawang putih,kencur,jahe,jeruk nipis,minyak kayu putih,jeruk nipis kalau tidak ada bisa diganti dengan buah yang rasanya asam atau daunnya saja,garam dapur dan air hangat semuanya secukupnya saja.

Lalu tumbuklah semua bahan di atas kecuali minyak kayu putih,setelah remuk semua bahan tersebut masukan ke rantang atau mangkok atau wadah apa saja yang bersih,lalu tuangkan minyak kayu putih ke ramuan tersebut secukupnya,tambah air hangat dari termos secukupnya.

Cara pemakaian :

Siapkan atau tidurkan tanpa pakaian selembar pun Balita di sebuah kasur ditilami kain,lalu balurkan seluruh kompres tadi ke seluruh tubuhnya yang sedang panas dengan merata,kemudian selimuti dengan kain sarung,jangan dengan kain tebal atau selimut biasa cukup dengan selimut kain saja,Ulangi langkah ini kalau demamnya masih tinggi setiap lima belas menit sekali.

Sekin dulu gan,lain kali berbagi lagi .
Sumber :pengalaman pribadi dan orang tua.

2 comments:

Wow jual obat bius...???

Sama2 trims atas kunjungannya