Rabu, 01 Agustus 2012

Pengiriman TKW PRT Akan Ditutup

"Penempatan TKI PLRT tak akan dilakukan ke negara-negara yang tidak mampu menjamin perlindungannya,"kata Moh Jumhur,seperti yang ditulis detik.com hari ini.


"TKI PLRT cenderung terisolasi karena bekerja dan tinggal di dalam rumah pengguna, hubungan kerjanya subyektif, emosional, dan tidak terjangkau oleh ketentuan perundang-undangan di negara penempatan," demikian lanjut Moh Jumhur.(news.detik.com/Haidir Anwar Tanjung,31/07/12)

Secara pribadi,sebagai bagian dari TKI Saudi yang sedikit banyak pernah melihat dan mendengar di kenyataan walaupun tidak melihat dengan seratus persen persis,saya bisa berpendapat khusus untuk TKW Saudi yang singel terlalu banyak mudharatnya daripada manfaatnya.

Tidak menapikan bahwa manfaatnya banyak bagi pribadi-pribadi dan keluarga tertentu,yang nasibnya baik dan mendapat majikan baik,tetapi hanya beberapa saja yang bernasib baik.


Saya sepakat dengan pendapat Moh Jumhur seperti pernyataan di atas tadi,yaitu TKI PRT atau pembantu rumah tangga tinggal di dalam rumah terisolasi,hubungan kerjanya subyektif,emosional,dan banyak yang tidak terjangkau oleh perundang-undangan ,apalagi perlindungan hukum,terutama di Saudi Arabia yang untuk urusan rumah tangga yang satu dengan yang lain sangat tertutup.


Bagi yang bernasib baik (dan ini bersifat subyektif,untung-untungan) ya tidak jadi  masalah,tetapi dengan keadaan terisolasi,tertutup dan perlindungan sukar dipraktekkan kemungkinan segala masalah akan terjadi,misalnya : pelecehan seksual,fitnah yang keji,penganiyaan,bahkan pembunuhan,aborsi dan sebagainya.


Sepakat dengan ini :


1.Perbanyak program pro rakyat di dalam negeri,perluas lapangan kerja di dalam negeri
2.Kirim TKW atau TKI Wanita yang formal saja ke luar negeri
3.Kirim TKi informal tetapi hanya laki-laki saja.


Dan sebagainya,wah kalau dibahas terus pelik nian gan,kita buat beberpa posting saja,diulas menurut pengalaman dan sudut pandang saya tentunya,sudut pandang seorang TKI yang melihat,mendengar,dan merasakan sendiri walau tidak sepenuhnya dan hanya bisa mengungkap bagian terkecil dan paling sedikit dari segala permasalahan per TKIan informal kita di Saudi khususnya, bagaimana kehidupan TKI informal di Saudi.


Intinya dalam entry ini adalah,khusus untuk TKW PRT Saudi meskipun memang diakui ada banyak manfaatnya,tetapi mudharatnya lebih banyak,lebih baik hentikan saja jangan buka lagi,kecuali jika Kerajaan Saudi mau dan mampu menjamin melindungi secara nyata maupun lewat perundang-undangan perlindungan bersama kedua negara.(**AWD)
Referensi/sumber : detik.com dan pengalaman pribadi

0 comments: