Rabu, 15 Agustus 2012

Mens Sana In Corpore Sano

Konon kalimat ini dikutip dari sebuah mahakarya pujangga Romawi,Decimus lunius luvenalis.Yaitu Satir X "mens sana in corpore sano" dengan arti yang sudah populer dan diterima telinga kita dengan akrab kalau dalam bahasa Indonesia yaitu " di dalam jiwa yang kuat terdapat jiwa yang sehat".

Meskipun akhir-akhir ini banyak yang mengulas  menyatakan tidak selamanya sih bahwa di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.Ya itu bisa kita terima juga,tetapi saya bukan untuk dalam hal pro kontra mengartikan sebuah kutipan atau istilah ,saya bukan ahli bahasa gan..hehe.

Saya praktis saja,mari lihat positifnya saya yakin meskpiun tidak selamanya benar namun paling tidak secara umum dan normal,bahwa jika tubuh,raga,badan kita kuat,artinya sehat,tidak sakit,tidak sedang cacat karena kecelakaan,atau karena penyakit tertentu yang menahun,artinya badan lahiriah kita sedang kuat,sedang sehat maka jiwapun cenderung sehat,

Jiwa disinipun saya persempit saja yaitu bermakna pikiran,jika tubuh kita sehat maka insya Allah pikiran kitapun cenderung akan sehat.

Contoh kecil mialnya ketika badan sedang meriang,demam dan panas,hidung meler...?,apakah pikiran kita akan bisa konsentrasi untuk terus menulis membuat artikel..?,atau akan bisa terus bekerja menggunakan otak dengan maksimal..? tentu pada umunya akan tidak berpikir maksimal bukan..?

Pasti ada yang bisa jika dipaksakan tetapi tetap hasilnya tidak akan seperti halnya jika badan kita sedang kuat atau sedang sehat.

Memelihara kesehatan fisik badan lahiriah adalah perlu,dan menurut agama Islam,memelihara kesehatan tubuh,bentuk fisik atau raga ini adalah sebagian dari ibadah termasuk perbuatan mensyukuri nikmat Tuhan.Misalnya dengan tidak merokok,dengan berolahraga secara teratur,malahan berolahraga di jaman nabi sangat dianjurkan dengan contohnya digiatkan berolahraga memanah dan berkuda.

Hingga saat ini Islam sangat toleransi sekali dengan hampir semua jenis olahraga,maksudnya selama masih memenuhi kaidah sopan dan menutup aurat dan bukan beraroma judi hampir semua olahraga diperkenankan oleh syariat Islam.

Artinya Islam mendoroang dan mendukung agar kita selalu memelihara kesehatan tubuh jasmani ini,tulang dan daging serta semua sistem organ tubuh agar diperkuat,agar sehat supaya bisa berpikir dan berjiwa sehat.

Mens sana in corporesano.Di dalam tubuh yang kuat akan terdapat jiwa yang sehat.

Contoh lain,bagaimana akan kita bisa berpikir (baca:jiwa) produktif dan bermanfaat bagi diri sendiri,keluarga dan orang lain,atau bagaimana kita akan bisa menolong orang lain,atau bagaimana kita akan bisa bermanfaat bagi umat kalau kondisi badan kita lemah,sakit-sakitan,puyeng terus,demam terus dan lemah tidak kuat..?

Logikanya kalau kita berbadan lemah tidak kuat,boro-boro untuk bisa bermanfaat bagi orang lain,untuk keperluan diri sendiri saja harus ditolong orang bukan..?

Selamat menjaga kesehatan dan kekuatan diri masing-masing,jangan abaikan masalah kesehatan diri anda,jagalah kesehatan.Dengan selalu menjaga kesehatan,badan akan kuat dan jiwapun ikut sehat,pikiran menjadi kuat dan produktif untuk bisa hidup bermanfaat lebih banyak.

Di dalam tubuh yang kuat,terdapat jiwa yang sehat.

2 comments:

Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Batin Mas...

Salam...

sama-sama Mas Rudi..salam Lebaran juga ya.

Terima kasih.