Rabu, 08 Agustus 2012

Berita Kriminal,Waduh Ngeri..!

Oleh : Aang WD

Saya sebenarnya dari dulu enggak begitu suka kalau melihat,membaca atau menyimak tentang berita-berita kriminal,terutama berita tentang pembunuhan,mayat dipotong-potong atau pembunuhan sadis lainnya.Atau meskipun berita kejahatan kecil dan ringan seperti pencopetan,berita maling ayam,maling jemuran,maling padi di sawah,maling panci,maling sendal di mesjid,maling kotak amal,penjambretan,dan sebagainya.



Entah mengapa pokoknya enggak begitu suka,mungkin ada kelainan di otak saya hehe..,sebut saja dahulu jaman emasnya Harian Pos Kota dan semacamnya,yang halaman depannya selalu memuat berita tentang itu,masih ingat bukan bagaimana foto-foto pelaku kejahatan di lapban,banned hitam di bagian matanya,lalu di tulisannya disembunyikan nama aslinya dengan initial saja,misalnya :"pembunuh berdarah dingin ini diketahui namanya AS (34),maksudnya si AS berumur 34 tahun,dengan fotonya dibaned hitam bagian mata".

Akhir-akhir ini,walau hanya melalui berita online ya banyak ketemu juga berita kriminal tersebut,paling banyak dimuat di portal-portal berita daerah,saya menjadi tertarik juga membaca dan menyimaknya,karena ingin menambah asupan informasi saja pada otak saya yang dulu sangat kurang menyukainya.

Sedih dan sangat khawatir kalau melihat berita-berita demikian,begitu kejahatan hampir setiap jam terjadi di bumi Indonesia,jangankan digabung dengan berita dari berbagai pelosok nusantara,berita kriminal dari kawasan Jabotabek saja mungkin kalau semua dimuat media,pasti akan ada berita terbaru setiap jamnya bahkan setiap tiga puluh menit barangkali.

***
Menyimak ini semua,ternyata alangkah tidak amannya hidup di negeri kita,menjadi orang miskin juga ya tentu sudah jelas susahnya,nah lalu setelah kita menjadi kaya pun dan punya sedikit lebih harta dan uang,diakui atau tidak pasti akan muncul perasaan "tidak aman",dan bisa saja terjadi misalnya kebun kita dicuri orang,ternak kita dijarah orang,gudang penyimpanan kita di masuki maling..mending kalau masuk doang,coba namanya maling kalau sudah masuk pasti terus mencuri..hehe......

Ketika punya gadget bagus,mobil bagus,motor bagus,jam tangan bagus,sampai memiliki isteri cantik pun,hidup di kita pasti akan menambah rasa was-was dan kahwatir,milik kita sewaktu-waktu bisa di jarah orang lain,yang masih teman sesama bangsa kita,bahkan tetangga kita atau lainnya.

Menurut saya gan..sekali lagi nih hehe,biar enggak pro kontra,ini menurut pendapat pribadi penulis,penyebab yang paling utama hal tersebut terjadi adalah diantaranya,artinya banyak deh penyebabnya:

1.Penegakkan hukum yang lemah .(wueee...klasik banget ya..?emang iya..ini kenyataan gan)

Coba kalau maling ayam atau maling ternak lalu tertangkap tangan oleh polisi misalnya,lalu tidak jarang...ups catat: tidak jarang maling tersebut tidak terus dihukum sesuai proses hukum yang seharusnya,tetapi dengan memberi sejumlah uang ke oknum--sekali lagi oknum--aparat tertentu,maka maling tersebut bisa bebas lagi,tidak dihukum ,tidak dipenjara,dan tentu saja efek jeranya tidak ada.

Dan ah...masih banyak lagi yang lainnya..agan-agan sudah tahu lah..

2.Kemiskinan harta,pengangguran dan miskin ilmu.

Nah yang ini wah para pembaca sudah pada tahu dengan baik lah enggak usah saya tulis lagi,hehe (padahal udah cape nih nulisnya ,disini sudah jam 02.10 waktu Riyadh gan,saatnya makan sahur).

Jalan Keluar

Nah seperti biasa mengikuti kaidah membuat artikel (tulisan yang baik..ehm....!).maka harus ada solusi diakhir bukan..? hehe.

Jalan keluarnya : ya tinggal jawab dua penyebab tadi,nih sorry saya tulis tebal-tebal ya gan,meskipun ini hanyalah siaran ulang ,ya hitung-hitung menghapal saja.

1.TEGAKKAN HUKUM dengan BENAR

2.Atasi terus pengentasan (mengurangi angka kemiskinan) kalau dimusnahkan enggak mungkinlah "kemiskinan" itu sunatullah,selama dunia masih ada,kaya dan miskin akan selalu ada,ibarat harus ada siang ada malam..tinggal pilih kita mau siang atau malam..eh salah,tinggal pilih mau masuk ke Miskin atau mau masuk Kaya.

3.Kalau hukum sudah tegak dan benar,keamanan akan kondusif dalam arti yangs sebenarnya,maka akan banyak investor tertarik untuk membuka perusahaan di Endonesia ini,dan efeknya..?,ya betul akan menyerap tenaga kerja kita.

Wah,kebanyakan nih hehe,segitu dulu.Selamat makan sahur untuk warga muslim di daerah Timur tengah dsk,dan selamat pagi buat yang di Asia Pasifik dan Indonesia.

Selamat pagi dunia.



0 comments: