Rabu, 13 Februari 2013

Mitos Bila Terjadi Kedutan di Organ Tubuh

Budaya di kita mengenal dengan beberapa mitos yang kadang tidak bisa dijangkau akal.Termasuk mitos dan "kepercayaan' bahwa jika terjadi kedutan di bagian tubuh tertentu maka akan terjadi sesuatu yang melanda beberapa saat kemudian.

Dalam sehari-hari Mitos kedutan sangat erat kaitannya dengan firasat,alarm alami tubuh dan lebih jauh suka bersinggungan dengan hal-hal yang gaib.

Pernahkan Anda menemukan atau membaca semacam buku "stensilan' yang diberi judul Paririmbon atau Primbon.Biasanya buku ini dicetak asal jadi dan sangat murah.Saya melihatnya sebagai buku stensilan saja (zaman dulu).

Isinya,tentang tafsir mimpi,perhitungan perjodohan,sifat dan watak dilihat dari kelahiran,saat-saat dan waktu yang nahas dan hoki lengkap dengan berbagai penjelasan akibat kedutan.Atau tepatnya perkiraan yang akan terjadi kepada seseorang jika terjadi kedutan di salah satu bagian tubuh.

Saya tidak mengerti benar tentang ilmu apa namanya yang demikian,namun tentang kedutan saya banyak pengalaman dalam kenyataan.Dan tentu tulisan ini hanya sekdar mengulas sedikit tentang "bahasa' dan isyarat alam yang mampu menangkap fenomena yang akan terjadi,dengan kejadian atau gerak tersendiri.

Misalnya,gejala alam sekitar seperti ketika di kampung saya kalau ada suara burung hantu di malam hari,maka artinya di warga kampung tersebut akan ada atau sedang ada yang akan hamil.

Atau,kalau di atas kampung ada burung "Sirit Uncuing (B.Sunda)" B.Indonesianya saya enggak tahu gan! Maka warga berkeyakinan akan ada warga yang meninggal atau sakit keras.

Dan kalau di kampung ada ayam betina berkokok di tengah hari,maka diyakini akan ada gadis atau janda yang hami diluar nikah.

Atau pula kalau di depan rumah atau tengah kampung ada Kucing yang bertengkar,maka diyakini akan ada pertengkaran di dalam keluarga atau cekcok mulut dan berkelahi antar warga di sekitar kucing itu tadi berkelahi.

Itu semua bagi yang meyakininya adalah isyarat alam.Sampai saat ini masih belum habis mengerti dengan fenomena seperti demikian.Namun suka ikut juga terpengaruh,saya jadi ada semacam "ikut tersugesti" jika terjadi hal di atas.Apalagi beberapa kali pernah terjadi dilihat dan disaksikan oleh sendiri.Kejadian apa yang dimitoskan termaksud.

Percaya atau tidak,ya terserah agan-agan semua! Namun saya sendiri suka mencoba menguji kebenaran isyarat alam tersebut.Hasilnya menurut pengalaman,sebagian ada yang memang kejadian sebagaian ada juga yang tidak.

Meskipun begitu sebagai bagian dari orang yang dilahirkan di tempat mayoritas warga mempercayai mitos-mitos tersebut,maka saya juga kadang ikut "yakin' juga akan terjadi apa yang diisyaratkan alam.Meskipun kadang akal sehat saya suka sedikit enggak percaya juga.Antara percaya dan tidak percaya.

Konon kata orang tua,gejala alam seperti contoh di atas adalah salah satu bentuk isyarat alam dari sekian isyarat alam yang mungkin belum tergali lebih dalam oleh ilmu akal manusia.Isyarat akan terjadinya sebuah fenomena tertentu di waktu yang akan datang tidak lama setelah isyarat tiba.Meskipun sudah ada ilmu yang mengkaji hal ini,namun kebanyakan masih melekatkan tentang semua itu dengan hal-hal yang bersifat gaib,magic dan mistik.

***

Lalu,kedutan di beberapa organ tubuh ?

Sama halnya dengan alam makrokosmos,di tubuh kita alam mikrokosmos pun demikian,gejala dan isyarat alami terhadap tubuh juga diyakini keberadaanya.Keberadaan isyarat-isyarat alam itu berdasarkan pengalaman para pendahulu,meskipun hal-hal demikian masih dianggap mitos dan selalu dikait-kaitkan dengan hal-hal gaib dan bersifat magis.

Terlepas dari semua itu,kedutan di tubuh bisa saja kalau dari segi medis berpendapat bahwa keduatan adalah suatu tanda atau adanya gejala penyakit tertentu.

By the way...

Tapi, percaya atau tidak,yang jelas kemarin malam saya kedutan di telapak tangan kiri,yang katanya kalau kedutan di telapak tangan kiri artinya menurut Primbon akan menerima uang.Lalu tadi sore saya benar-benar menerima uang !...Ada teman yang mebayar utangnya,hehe......!

Bener juga ya..? Ya gak tahu juga..namanya juga kebetulan barangkali..!



0 comments: