Jumat, 15 Februari 2013

Online di Internet Jadi Terlambat Jum'atan

Hikmah Jum'at.
Sebuah renungan,maaf bukan tulisan masalah agamanya

***

Gaya hidup baru ber-online ria dan asyik berinternet masa kini telah merasuk ke segala bangsa dan pelosok dunia.Termasuk tentu saja di negara kaya minyak Saudi Arabia ini,sebagian warga muda Saudi jadi sangat melek internet sejak dari kandungan,ya jelas gan ibunya para Madam Saudi sangat dengan mudah mendapatkan gadget dan jaringan internet murah menurut saku mereka.Menjadikan 'wabah' intenet jadi sangat gampang dan jadi "makanan pokok" sehari-hari.

Para kaum terpelajar muda Saudi dengan mudahnya memperoleh gadget dan jaringan internet, malah sejak di tanah air belum begitu populer dan banyak penggunanya.Ketika internet di tanah air masih kalangan tertentu saja yang menjadi user-nya,kala itu di Saudi sudah hampir semua anak muda mengenal komputer.

Jelas di Saudi penduduknya sedikit,namun devisa dan duit negaranya membludak.Pendapatan per kapita tahun 2008 saja sudah di atas 13 ribu dollar Amrik gan.Jadi dengan mudah warga sini mendapat gadget komputer dan sebagainya.

Itu sebagian masalahnya,karena banyak duit jadi mereka gampang punya alat-alat berinternet rianya.Tidak heran jika komputer-komputer dan PC model lama keluaran tahun 2000an banyak ditemukan di tempat sampah saat ini,atau mereka berikan ke sopir atau pembantunya yang "genit-genit' ikut jadi onliner,atau ikutan jadi netizen walau hanya nonton you tube atau berfacebook saja.Hehe....?

Dan mereka sudah menggantinya dengan gadget yang tercanggih yang hadir hampir setiap dua minggu sekali datang model-model gadget terbaru.Mereka rata-rata sanggup untuk membeli setiap datang model baru,wow gila memang ! Eh masya Allah gan...haha,minyak Saudi telah membuat mereka tajir-tajir.

Budaya online dan ngenet di kalangan anak muda dan para profesional muda pemuda Saudi,telah membuat sebagian mereka suka mengakhirkan shalat berjamaah di mesjid jami-nya.Saya lihat anak boss saya saja,selalu pergi ke mesjid saat shalat berjamaah dengan "masbuk" terlambat satu atau dua rakaat tertinggal oleh jemaah.

Termasuk ketika ibadah shalat jum'atan.banyak yang datang setelah rakaat pertama berakhir,tidak aneh lagi pada saat shalat jumatan pun ketika kita sudah salam terakhir masih banyak yang meneruskan rakaatnya bagi mereka yang ketinggalan tadi.Kalau di mesjid jami dekat saya di sini wauih bisa sampai dua shaf tuh yang ketinggalan,shaf di sini panjang-panjang lho gan,ya kalau rajin dan mau menghitung mungkin lebih dari 30 orang.

Ketika saya iseng-iseng bertanya ke anak boss saya ,kenapa selalu terlambat ke mesjid berjamaah,beliau menjawab,"..saya terlambat karena keasyikan online,friend....!'.

***

Hehe,ya memang masalah ibadah itu hak masing-masing ya gan,saya tidak punya tendensi apapun menulis postingan ini,sebagai peringatan saja kepada diri sendiri,bahwa begitu dahsyat dan besar pengaruh internet terhadap perilaku seseorang,termasuk kepada saya sendiri.

Bagaimana dengan sahabat pembaca ? Ok,gan saya percaya agan-agan mah pasti bisa baik-baik saja bukan ? Semoga.Salam hangat selalu.Selamat beribadah shalat Jum'at bagi sahabat pembaca yang moslem,selamat pagi sahabat rekan non muslim.Salam sejahtera.

0 comments: