Minggu, 10 Februari 2013

Kurangi Efek Buruk Merokok dengan Olahraga

Banyak berolahraga membuat kualitas kesehatan siapapun akan lebih baik.Ilustrasi :flickr.com
Mungkin tulisan ini hampir sama dengan pengalaman Anda,pembaca yang sudah terlanjur jadi pecandu rokok kelas berat.Artikel ini bukan artikel kesehatan tentang merokok,tetapi hanya sekedar tips untuk mengurangi efek buruk akibat merokok sesuai pengalaman sehari-hari.

Sekedar berbagi info,karena disamping banyak pembaca yang tidak suka dan sadar dengan bahaya akibat merokok,tetapi pasti ada pula bahkan banyak rekan pembaca yang sudah terlanjur kecanduan jadi perokok kelas berat.

Satu hal yang utama,bahwa saya sepakat bahwa kebiasaan merokok adalah kebiasaan yang akan berakibat buruk kepada jasmani dan rokhani manusia.Merokok bisa menyebabkan gangguan jantung,gangguan kesehatan janin,sesak nafas dan penyakit paru-paru serta akibat buruk lainnya.

***

Namun,jika ! Jika sahabat sudah terlanjur mencandui dan saat ini tidak bisa berhenti merokok,saya berbagi pengalaman bahwa kualitas kesehatan perokok bisa dibantu untuk menekan efek negatif dan akibat buruk rokok kepada tubuh kita.Salah satunya dengan selalu berolahraga dan banyak bergerak, diyakini bisa mengurangi sedikit resiko terburuk akibat merokok.

Saya lihat kenyataan,bahwa di sekitar tempat saya banyak saudara,teman dan tetangga yang perokok berat,namun badannya tetap "kelihatan' seperti sehat-sehat saja,berumur panjang dan jarang mengeluh sesak nafas atau pusing karena racun rokok.

Kuncinya,mereka meskipun perokok berat,beberapa di antara mereka bahkan menghisap rokok bisa 2 bungkus sehari semalam rokok kretek tanpa filter.Atau tetangga saya yang petani dan para pegawai kasar serabutan,mereka merokok dari lintingan tembakau dengan bahan kertas Pahpir.Rahasianya mereka banyak bergerak,berkeringat olahraga.

Gaya merokoknya seakan tidak pernah berhenti sambung menyambung dari linting yang satu ke linting berikutnya.Hingga ada yang menampung puntung rokoknya di sebuah kaleng bekas Biskuit ukuran sedang.Mereka semua adalah perokok kelas berat.

Saya perhatikan,tubuh mereka meski pasti batuk-batuk,namun kelihatan normal-normal saja,ada satu dua orang malahan pemain sepak bola team kampungnya,bermain bola jadi bintang lapangan di kelasnya,hehe..!

Ternyata,mereka selain suka merokok setiap hari tetapi diiringi pula oleh gerak olahraga yang menguras keringat setiap harinya,dengan sadar atau tanpa disadarinya.Mereka para tukang tembok,tukang nyangkul,tukang kebun,tukang panggul,dan yang suka bekerja setia hari mengeluarkan dan berpeluh cucuran air keringat karena aktivitas pekerjaannya.

Intinya,mereka banyak bergerak secara fisik dan tidak terlalu banyak pikiran yang menimbulkan stress.Makan minum yang cukup,badan bergerak sampai berkeringat setiap hari dan pikiran tidak terlalu diperas memakai otak.Rupanya itulah yang membuat mereka meskipun pecandu rokok tetapi otot-otot mereka sangat bagus,terbentuk alami,kekar,dan sehat karena keringat selalu keluar setiap hari.

Nafas merekapun baik-baik saja,karena mereka bangun di waktu Fajar Subuh,menghirup oksigen yang masih baik dan banyak,makan tidak pernah telat,lalu beraktivitas selanjutnya banyak gerakan otot sampai keringat bercucuran.

Lalu,bagi pembaca yang tidak berada di "zona otot' dalam bekerjanya,banyak menggunakan otak dalam bekerja dan sebagai pecandu rokok,apakah harus bercucuran keringat seperti mereka ?

Maksud saya,ya betul...! Tentu dengan cara yang nyambung dengan kondisi anda.Dengan berolahraga rutin setiap hari sampai keringat bercucuran.Berolahraga rutin sampai keringat deras mengucur,logikanya akan memungkinkan paru-paru menghirup udara dan oksigen lebih banyak,sirkulasi pertukaran oksigen dan karbondioksida di paru-paru jadi lancar,selain peredaran darah juga lancar semua.

Peredaran darah yang lancar akan menjadikan sistem pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit jadi kuat dan tanggguh.

Banyak bergerak,olahraga teratur setiap hari sampai keringat deras bercucuran.Insya Allah meskipun Anda seorang pecandu rokok,kondisi kesehatan tubuh kita akan sedikit lebih baik daripada yang perokok dan malas olahraga.

Yang terbaik adalah "Berhenti merokok dan teratur giat olahraga,gan.Tentu saja..!" Salam hangat.

4 comments:

hehehe.. abdi pisan eta teh Kang. pami kitu mah kedah giat deui olahraga.
nuhun tips na Kang. salam

Haduh meni bingah dilongokan Sepuh yeuh...Kang Pepep...salam ka keluarga sadayana.

Mudah2an urang sanes waktos tiasa tepang di daratan nya kang..!

Hatur nuhun,sakali deui.

Eta atuh kang ieu mah seratan teh tamba kadenda bae hehe,haturan,punten seratanana masih teu acan sae. hehe

Kang Pepep,diantos saran sareng kritikna kang,Mangga sim kuring,tegor'bae umpami aya nu kalalangkungan.hehe.


Baktos,

Sim kuring Aang Dhanie S-Ayeuna nuju di Riyadh

Terima Kasih Atas infonya .. artikel yang sangat bagus ..

Mas EghyR01

salam hangat mas,terima kasih juga sudah mampir dan berkunjung.

senang sekali saya mendapat kunjungan mas Eghy..

salam blogger