Minggu, 10 Februari 2013

Sekali Lagi,Mengatasi Bau Nafas dan Mulut

Ilustrasi;flickr.com
Pernahkah ketika sedang mengobrol kita mencium bau nafas dan mulut lawan bicara ? Tentu jika pernah,jadi tidak nyaman bukan ? Dan respek kita kepada orang demikian jadi sedikit berkurang,atau tepatnya kita jadi kurang nyaman bahkan jadi tidak tertarik lagi untuk dekat-dekat apalagi intim dengan si penderita bau mulut.

Bagaimana dengan mulut dan nafas kita ? Jangan-jangan tanpa kita sadari mulut dan nafas pun berbau jika tercium oleh lawan bicara.Jangan sampai terjadi klien atau teman menjauh dan kurang senang berada di dekat kita,di bawah ini saya berbagi info untuk menambah pengalaman Anda tentang mengatasi bau mulut dan nafas yang tidak sedap.

1.Perhatikan kebersihan dan kesehatan sekitar mulut.Gusi dan gigi yang selalu bersih,walaupun sudah terlanjur ada gigi yang bolong tetapi jika bersih dan selalu menjaga kesehatannya,maka bau mulut akan berkurang.

Sering-seringlah menggosok gigi dengan baik,sesekali bersihkan pula kotoran di bagian lidah dan kuras hidung serta tenggorokan setiap hari.Keluarkan dahak di tenggorokan dengan gurah sederhana  memakai air dicampur garam dapur sedikit.

Intinya kebersihan dan kesehatan mulut harus selalu dijaga setiap saat.

2.Banyak minum air putih dan hindari terlalu banyak merokok.Hindari pula memakan makanan yang berbau khas serta berbau tajam.Seperti makanan Petai,Jengkol dan sebagainya.

Jika sudah terlanjur hoby pada makanan berbau khas dan menyengat,jangan lupa bersihkan dengan benar gigi dan mulut setelah mengonsumsi makanan termaksud.Bila perlu minum kopi tanpa gula setelah membersihkan mulut dan berkumur-kumur serta gosok memakai pasta gigi.

3.Perbanyak minum susu murni.Karena susu murni bisa menetralkan aroma bau walau sifatnya temporer.Atau ketika darurat di perjalanan misalnya,minum atau kumur-kumur dengan air kopi asli tanpa cream.Kopi hitam asli.

4.Periksa dan jaga kesehatan saluran pernafasan serta lambung.Yang terbaik periksakan diri ke dokter.Karena bau nafas dan mulut bisa saja berasal dari sistem pencernaan dan pernafasan yang sakit dari dalam tubuh.

Bisa saja terjadi infeksi Tenggorokan,Hidung dan Telinga atau penyakit gangguan lambung akut sehingga nafas jadi berbau kurang enak.

5.Jika diperlukan atau menurut anjuran dan resep dokter,bila terjadi infeksi di sistem pernafasan mesti segera diobati  dengan minum obat antibiotok semacam amoksilin.Bisa mengonsumi obat-obatan herbal atau jamu yang mengandung antibiotik.Misalnya selalu minum perasan air kunyit setiap hari.Antibiotik di tanaman kunyit bisa mengobati luka-luka dan infeksi sekitar organ nafas dan pencernaan dengan alami.

6.Jangan biarkan perut kosong dan kemasukan "angin' duluan ketika sudah bangun tidur di pagi hari.Kecuali jika sedang berpuasa atau semacamnya.Perut yang kosong (lambung) dan mulut kering akan mengeluarkan bau tidak enak ketika bernafas dan berbicara.

7.Jangan ditunda atau ditahan-tahan ketika alarm alami perasaan ingin Buang Air Besar sudah datang! Ketika kotoran ingin segera dibuang.BAB lancar dan teratur membantu membersihkan usus dari kotoran sampah makanan di dalam perut dan mengeluarkan gas yang tidak sedap.

Selamat menjaga penampilan dan kesehatan tubuh.Terima kasih sudah membaca.Disarikan dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.Salam hangat.

0 comments: