Jumat, 08 Februari 2013

Gurun Thumamah Tempat Rehat Warga Riyadh


Oleh warga Riyadh tempat macam begini ngetop dengan sebutan Bar (entahlah ini bahasa Arab bakunya atau malah hanya bahasa Saudi atau bahasa Riyadh saja).Bar,setahu saya adalah sebutan untuk sebuah tempat kosong di gurun sekitar pemukiman yang sejatinya adalah lahan untuk pembangunan yang digunakan untuk "cari anginnya" orang Saudi.

Biasanya ramai sekali jika waktu liburan sekolah,hari Rabu sore hingga malam Jum'at.Orang tua,anak-anak,pemuda dan pemudi Saudi banyak menghabiskan liburan akhir pekannya di tempat semacam gurun atau tanah kosong begini.

Mereka pergi berombongan dengan jamaahnya atau keluarga besar.Atau pergi hanya satu keluarga saja memakai mobil masing-masing.Tentu saja keluarga yang punya sopir pribadi dan pembantu juga tidak lupa mereka bawa.

Biasanya mereka berangkat sehabis waktu Duhur atau selepas waktu Asar,dengan membawa perbekalan makanan dan minuman serta tikar atau karpet yang mereka namakan Farsa (biasanya karpet yang murah saja,karena nanti akan dijadikan sebagai tikar di tempat kotor berdebu).

Tidak sedikit yang memang sengaja untuk makan siang atau sore sampai makan malam di sana.Ada yang sudah membawa masakan siap santap tetapi ada pula yang mereka memasak di sana,membawa peralatan lengkap seperti Kompor gas dan peralatan masak instan malah adapula yang membakar daging dadakan atau Sate (Kabab).

Biasalah sampai di tujuan,mereka mencari tempat sesuai selera masing-masing,lalu parkir mobil,ampar tikar dan makan-makanlah atau minum Teh manis diselang-seling dengan minum Kopi khas Arabic (Gahwa,bs Arab).

Anak mudanya,biasa anak-anak kecil bisa main pasir atau main bola atau menyewa motor beroda empat (Debabat),Naik Kuda atau Onta dan mainan kendaraan lainnya.Tentu saja yang ini mah semuanya menyewa antara 50 riyal sampai 100 riyal per jamnya.

Lha tempatnya,kalau di Bar lapangan terbuka begini semuanya gratis gan..! Kecuali kalau masuk ke Muntaza (Taman-taman wisata berbayar) tentu saja harus mengeluarkan uang.

Sore ini ada beberapa foto amatir hasil jepretan saya,lumayanlah buat nambah gambaran tentang wisata murah tetapi asyik di Saudi,gratis dan tempatnya boleh memilih sesuka hati seluas padang sahara yang membentang,hehe...!

Nih gan foto-fotonya..terima kasih mampirnya.Salam blogger dari gurun Thumamah Riyadh,Saudi Arabia.Bila sahabat mau memakai foto milik bernadaindo sebagai ilustrasi tulisan anda,dipersilahkan  gratis,dengan syarat biasalah gan hehe,kalau bisa ditulis linknya ke blog ini.

Tampilan fotonya sengaja saya upload dengan ukuran sedang saja,biasa gan supaya agan-agan tidak terlalu berat "loadingnya'.

Selamat malam semua.









0 comments: