Senin, 25 Februari 2013

Sopan Santun Mengemudi di Jalan Raya




Sungguh tidak sopan cara parkir mobil yang di dalam lingkaran ini.Padahal jika dilihat dari mobilnya yang mewah dan parkir di depan kantoran,setidaknya pemilik mobil adalah orang berpendidikan atau orang terpelajar.Tetapi sangat menyepelekan orang lain dan sombong, menghabiskan tempat parkir,seharusnya bisa muat parkir 3 buah mobil,ini hanya dipakai oleh sendirian,di tempat umum lagi.Padahal waktu itu macetnya bukan main,semua pengemudi butuh tempat parkiran.Foto koleksi pribadi(bernadaindo.com).
Pernahkan Anda melihat tulisan atau stiker tentang sopan santun? Kalau saya pernah,bahkan bukan hanya di stiker mahal terbuat dari bahan mahal dan di display di dinding sebuah kantoran atau Mall mewah saja,tetapi sering melihat pula di tembok-tembok gang sempit atau di lemari pakaian anak-anak kost-an.

Misalnya,

"Anda Sopan Pasti Aman", "Kesopanan adalah mata uang yang berlaku di seluruh dunia !","Sopan santun ciri orang berpendidikan !,dan sebagainya.

Yang paling populer adalah slogan "Jika Anda Sopan Pasti Aman..!" saya suka lihat di angkot,di bus-bus antar kota,di aksesoris truk,di lemari anak kost,di pagar gang-gang rumah petak,atau di tempat-tempat kantoran dan pusat perbelanjaan,bahkan di dalam wc-wc umum di terminal dan pom bensin.

Kalau di kampung,biasanya slogan ini selalu berpasangan dengan pengumuman resmi ke-RTan setempat,yaitu suka ditulis di bawah kalimat:" Sebelum 1 X 24 Jam Tamu Wajib Lapor !" lalu disambung di bawahnya " Anda Sopan Pasti Aman " dan terakhir ditulis pula tertanda:" Karang Taruna RT 03/05..." dan seterusnya.

Di jalan raya,kadang kalau di tanah air ada juga papan iklan dari DLLAJR kalau dahulu,dari Dishub atau instansi terkait, misalnya :"Sopan berkendaraan menjamin Anda sampai tujuan...". dan sebagainya.

Lalu,sopan di jalan bagaimana bentuk dan prakteknya saya sendiri mengira-ngira saja,mungkin pikiran saya waktu itu ya sopan sesuai dengan adat timur kita sehari-hari-lah.Termasuk menuruti segala peraturan lalu lintas dengan baik.

Kata orang tua dan pepatah,Jika kita Sopan pasti Aman,berlaku juga ketika sedang mengemudi.Jika kita sopan di jelanan ketika sedang mengemudi,Insya Allah kemungkinan terjadi kecelakaan sedikit berkurang.Insya Allah akan selamat.Sopan di jalan ketika sedang mengemudi misalnya,

1.Tidak berhenti melewati garis zebbra (zebra cross) ketika di stopan lampu merah.

2.Selalu memberi sen-sen ketika akan berbelok,dengan ada atau tidak ada mobil lain di depan atau belakang kita.

3.Membunyikan klakson jika perlu bila akan menyalip di tempat darurat.

4.Mempersilahkan dan memprioritaskan mobil yang sedang berada di lingkaran ketika kita akan masuk ke jalur lingkaran.

5.Memprioritaskan mobil lain di jalan utama yang lewat dahulu,ketika akan masuk ke jalan raya utama,

6.Tidak menyalip dari bahu jalan yang dilarang,untuk di Indonesia jangan menyalip dari sebelah kiri mobil yang disalip.

7.Tidak membunyikan klakson berlebihan dan mengganggu pendengaran orang lain.

8.Tidak membunyikan radio terlalu besar dan norak kampungan.

9.Parkir dengan tertib di temoat parkir dan menyimpan mobil disesuaikan dengan lokasi setempat,dan menghargai pengemudi mobil lainnya.

10.Tidak menyetop atau parkir mobil di sembarang tempat atau di tengah jalan raya jika tidak darurat.

11. Tidak membuang sampah,meludah atau melempar sesuatu dengan sembarangan ke luar mobil,apalagi dengan melempar begitu saja seperti orang-orang tak tahu aturan dan bodoh saat  mobil sedang melaju di jalan raya.

12.Menyalakan lampu seperlunya dan menyetel sesuai peruntukkannya saja,misalnya gunakan lampu dim panjang ketika di depan arah laju kita tidak ada kendaraan lain.Saat berjalan di waktu malam hari,gunakan saja lampu arah pendek bergantian dengan lampu dim jarak jauh jika kosong di arah berlawanan.

Dan sebagainya.

Kesopanan yang dilakukan orang di tempat dan kondisi apapun merupakan cerminan dari kualitas manusia itu sendiri.Jika sopan santunnya baik,maka paling tidak orang demikian adalah orang yang pernah makan sekolahan.Atau sekolahannya rendah tetapi banyak dan luas pergaulannya,sehingga sikap,perilaku dan kepribadiannya sangat terjaga.Termasuk ketika berperilaku ketika sedang mengendarai mobil di jalan raya.

Sopan di Jalan Raya sejatinya mematuhi segala peraturan dan tata tertib mengemudi dengan baik.


3 comments:

terimakasih tulisan anda sangat bermanfaat, namun sayang sepertinya kurang direspon, mudah2an bukan tidak mau merespon dan memahaminya sopan di jalan, tapi mereka sibuk sehingga tidak sempet membacanya

Anonim,terima kasih mampirnya ya,mohon maaf saya suka telat membalas semua komentar yg masuk.

Terima kasih atas kunjungannya...

Bisa bagikan ke medsos dunk.....tambah lg tidak parkir di jalan yg sempit,tidak parkir ditikungan