Selasa, 05 Februari 2013

Sedekah Bisa Membuat Bahagia

Sedekah ialah memberi sesuatu kepada yang berhak menerimanya sesuai kemampuan.Dalam Islam dikatakan bahwa : "Amal sedekah itu bisa menolak musibah dan mendatangkan berkah".Dari segi ilmu kesehatan perbuatan Sedekah adalah salah satu perilaku yang bisa meningkatkan produksi hormon endorfin,yaitu hormon yang diproduksi oleh tubuh yang efeknya bisa membuat rasa bahagia atau senang.

Lalu sedekah yang bagaimana,kapan,kepada siapa dan seberapa ? Jawabannya relatif sih,namun pada dasarnya bisa dijadikan acuan sebagai berikut;

-Sedekahlah kepada orang yang tepat,fakta dan kenyataan bahwa orang yang akan kita sedekahi adalah orang yang sedang membutuhkan bentuk dan jenis pemberian kita.Bisa berbentuk barang fisik materi atau bisa berbentuk Immateri,bukan berbentuk material atau barang fisik.

Penting dipertimbangkan bahwa kita memberinya dipastikan hanya kepada orang atau pihak yang tepat.Karena kalau tida tepat kepada yang ditujunya,kemungkinan sedekah kita hanya akan jadi mubadzir bendanya atau manfaatnya.

-Kapan ? Bersedekahlah kapan saja ketika kita sedang lapang atau ketika sedang sempit dalam kehidupan ini.Tentu saja disesuaikan dengan kondisi dan keadaan diri kita.

-Berapa,seberapa besar atau ukurannya ? Sekemampuan diri kita.Tidak dibenarkan bila kita memberi kepada pihak lain tetapi diri dan keluarga kita padahal sedang kekurangan.Bersedekah dengan ukuran yang berlebihan dan tidak memperhatikan diri sendiri,akan tidak baik juga bagi diri da keluarga.

Bersedekahlah sekemampuan tetapi ikhlas dan ridlo,memberi hanya karena Allah (kalau dalam Islam ,Lillahi ta;ala).Bersedekah hanya karena Allah.Bersedekah hanya karena semata-mata beribadah kepada Tuhan,mensyukuri nikmat pemberian Tuhan,dengan cara membagi-bagikan sebagian dari karunia-Nya.

Sebaik-baik sedekah adalah sedekah yang jika kita memberikannya dengan kanan,maka tangan kiri sebaiknya tidak boleh tahu.Dan sama sekali hanya karena beribadah,alasan lain tidak ada! Ikhlas karena Allah.Dan balasan atau pahalanyapun nanti adalah urusan Tuhan,sebagai balasan berupa pahala kepada kebaikan yang telah kita perbuat.

Pahala yang akan terasa kontan ketika sudah bersedekah dengan baik dan benar adalah meningkatnya hormon endorfin (hormon penimbul rasa senang) di tubuh kita,secara kontan akan melepas menyebar ke seluruh tubuh.Hakikatnya itu adalah sebagian pahala dari Tuhan yang diperlihatkan kontan kepada makhluk-Nya yang selalu berbuat kebaikan.Insya Allah,wallahualam.

Selamat bersedekah.

0 comments: