Sabtu, 27 April 2013

Blog Komunitas Bisa Membunuh Blog Pribadi

Kalimat atau judul di atas pernah dikemukakan oleh Kang Pepih Nugraha di sebuah tulisannya.Yaitu ketika seorang yang punya blog pribadi sudah tidak ada waktu dan tak sedikit yang membiarkan blog pribadinya layu dan tak terurus.Karena saking terlalu betah atau kerasan di "kerumunan' (blog komunitas).

Kerumunan memang selalu menarik,karena ramai.Lihat saja semua orang maunya tinggal di kota,sedikit saja yang mau membuat rumah di sebuah lokasi yang sepi jauh dari orang-orang,sanak saudara dan teman,kecuali bagi orang yang introvert sekali.

Sudah manusiawi pula seseorang ingin membuktikan eksistensinya di tengah teman-teman atau tetangga.Malahan yang keterlaluan suka terlena terus ngerumpi di tempat kumpulan atau kerumunan.

Dalam kehidupan nyata,tak sedikit kaum ibu atau bapak yang gemar sekali berlama-lama di warung tetangga hingga larut malam,ngerumpi ngalor ngidul kadang disertai debat kusir yang panjang.Lihat di pos-pos ronda atau di kios dan kafe-kafe sekitar rumah,begitu banyak yang berkumpul dari yang sekedar cari angin sampai yang kecanduan mau berkerumun terus.

Begitupun di blogging dan media internet.Mengapa facebook dan jejaring sosial lainnya banjir anggota? Karena itu tadi,pada dasarnya kita sebagai makhluk sosial senang sekali berkerumun.

Ada yang salah dengan berkerumun ? Ya,menurut saya jika masih dalam kendali diri dan tidak keterlaluan masih wajar-wajar saja.Namun jika suka bergerombol dan berkerumun terus di gardu ronda keterlaluan,sehingga urusan rumah tangga kita amburadul ya kurang baik juga sih.Hehe.

Dalam blogging,terutama bogger,penulis blogger berkerumun perlu,untuk mendapat info-info dan memperluas jaringan.Banyak teman artinya akan banyak ilmu,banyak kenalan,banyak informasi dan akan banyak sumber ilmu pengetahuan.

Akan banyak ilmu yang kita peroleh dari sana,termasuk ilmu bagaimana bisa bergaul dengan luwes dan elegan di tengah dunia komunitas yang terdiri dari berbagai macam karakter,sifat dan kepribadian para blogger itu.

Mengasah kedewasaan berpikir,berekspresi dan bersosialisasi juga dan sejumlah manfaat lainnya.Bagi blogger yang punya blog pribadi,tentu perlu disiplin dan pandai mengatur waktu,kapan terus di Pos Ronda (baca: komunitas),dan kapan kita harus tetap mengurus blog sendiri.Supaya keduanya bisa terus terupdate,terus terpelihara dengan baik.

Salah satu ciri terpeliharanya sebuah blog adalah suka ada konten baru di setiap periode tertentu,bisa jam-jaman,harian,atau mingguan.

Selamat berkomunitas,selamat memelihara blog Anda juga gan,bagi rekan blogger semua.Semangat semoga bermanfaat.Salaman hangat.

Semoga bisa mengatur waktu kapan berkomunitas dan kapan terus online di blog sendiri,Agar tidak terjadi blog pribadi terbunuh dan hilang atau merana karena terlalu banyak asyik masyuk di blog komunitas.

0 comments: