Rabu, 17 April 2013

Gabung Nge-Blogging,Ibarat Bergaul di Pos Ronda dan Rumah Sendiri

Secara guyon saya menganalogikan nge-blogging di blog pribadi dan di blog keroyokan atau komunitas ibarat antara ngobrol di Pos Ronda dan di rumah sendiri.Tetapi dalam hal ngeblog tentu saja bukan ngobrol berbincang-bincang,namun menulis.

Jadi bagi saya pribadi yang blogger bukan berbasic penulis atau bekerja di bidang tulis menulis,jika banyak ngobrol (nulis dan berinteraksi) di blog komunitas,otomatis blog pribadi jadi terabaikan.

Sudah 2 hari ini saya tak update di sini,kemarin mencoba "ngobrol' di kompasiana.com,dan tulisan di-HL-kan admin di sana.Jadi lumayan saya tersita waktu 2 hari tak bisa ngisi di blog ini,karena harus menghargai komentar yang masuk dari teman-teman dengan membalasnya.

Untuk tetap berhubungan baik di sebuah komunitas memang harus memperhatikan pula kegiatan  membalas komentar.Karena selain untuk menyapa,kita juga harus mampu bertindak sebagai "layaknya seorang moderator' jika ada teman yang sudah melenceng dari topik yang kita tulis di sana.

Bukan apa-apa,kalau obrolan di Pos Ronda (tulisan di blog keroyokan),kadang-kadang banyak teman yang memancing iseng atau bahkan sengaja untuk berpolemik ria,masih mending polemiknya tetap dan setia sesuai topiknya.Lha..,ini suka banyak teman yang iseng atau tak tahu alasannya kenapa,suka memancing berpolemik dengan sudah tidak nyambung lagi dengan topik tulisannya itu sendiri.

Dari stuasi seperti itu suka banyak yang akhirnya hubungan komunitasnya jadi tidak sehat.Ranah komentar bukan lagi sebagai ajang diskusi menambah bobot tulisan di atasnya,atau kolom komentar sebagai ajang diskusi untuk semakin menambah wawasan,tetapi suka jadi ajang perdebatan yang gak jelas ujung pangkalnya.

Begitulah memang rsikonya jika kita bergabung di sebuah blog komunitas.Seru sih memang dan kadang lucu-lucu,ada yang terlalu serius hingga sakit-sakit kepalanya dan ada yang memang 'acara ' berdebat kusir bagi sebagian teman adalah bagian dari " humor' mereka saja.

Hehe,macam-macam memang kalau kita ngobrol di Pos Ronda.

***

Tidak update di blog pribadi (ibarat rumah sendiri),karena terlalu banyak menghabiskan waktu di blog keroyokan,memang melanda sejumlah teman bloger lain juga.Beberapa teman saya  banyak yang blog pribadinya tidak terurus karena terlalu banyak kumpul di komunitas.

Memang sih pilihan masing-masing,meskipun ada satu dua orang blogger yang memang hebat,bisa eksis terus tiap hari di blog pribadi juga bisa eksis di komunitas.Salut bagi teman yang demikian.Kalau saya waduh enggak sanggup gan,hehe.

Salam blogger.

0 comments: