Kamis, 25 April 2013

Magnet Ingin Menulis Topik "Politik" yang Membikin Saya Sakit Kepala

Sebagai blogger,meskipun masih status blogger ecek-ecek dan blogger baru,naluri jurnalisme warga (rasa ingin mewartakan dan ingin berkomentar,hehe arti sederhana saja),dan menulis topik politik selalu menggelitik geli di batin ini.

Pikiran selalu tertarik oleh semacam magnet yang cukup kuat arus daya tariknya,sehingga jika saya tak pandai-pandai menetralkan rasa itu,suka kebablasan menulis topik politik.Padahal sama sekali bukan pakar politik,jangankan sebagai pakar atau ahli,ikut politik-politik praktis di lokal daerah saja saya sudah gak pernah ikutan.Kecuali menunaikan kewajiban "politik'sebagai warga negara dalam arti lain,ya tentu saja ikut mendukung.

Namun ini lain,yaitu ketika pikiran ingin selalu menulis topik dan tema politik.Dan karena wawasan politik saya dangkal,ketika memaksakan menulis tema atau topik politik,alih-alih jadi tulisan yang mencerahkan,eh malahan jadi sebuah tulisan yang nyinyir,berat sebelah,dangkal,garing dan sejumlah titel jelek lainnya.

Alhasil pernah suatu waktu tulisan saya di banned pengelola komunitas untuk tidak layak muat di layar websitenya.

Lalu di blog ini,apalagi terus terang saya sudah berkomitmen,dalam mengisi konten di blog ini tak akan ada membuat tulisan yang secara langsung bermuatan kepentingan politis tertentu.Apalagi untuk suatu kepentingan kelompok dan golongan tertentu.

Mengapa...?

Ya,enggak mau saja gan.Karena di ranah politik dalam arti politik praktis,rawan akan konflik kepentingan.Termasuk rawan perdebatan yang panjang,rawan intimidasi,rawan dibenci orang yang berseberangan dengan orientasi politik kita.Dan saya tak mau semua terjadi.

Menulis sudah tidak lagi dengan ikhlas dan bebas merdeka berkreasi demi membawa manfaat sebanyak-banyaknya.Jika sudah ada nuansa kepentingan  di dalamnya,tulisan kita akan kaku dan sarat dengan jargon-jargon dan nada yang dipaksakan ke dalam kontennya.

Dan saya tidak mau itu.Lalu kata pembaca,mungkin,yah terserah elo deh.Hehe ,iya betul terserah saya,namun paling tidak pembaca akan mendapat sedikit gambaran terutama bagi yang suka mampir dan ingin berpartisipasi di sini.Mengirim tulisan atau berkomentar,bahwa blog yang dikelola saya ini adalah netral secara kepentingan politik.

Saya mengutamakan rasa kebangsaan,nilai persatuan dan kesatuan yang kokoh dalam berbagai mozaik perbedaan yang terdapat di negeri ini.Indonesia.Saya membuat blog dipersembahkan kepada hal-hal kemanusiaan,tidak akan membatasi dalam bentuk apapun.Bahkan lintas kepercayaan sekalipun,terbuka untuk umum,berkarya demi kemanusiaan.

Meskipun blog ini apalah artinya diantara banyak situs yang bermutu lainnya,namun semoga menjadi sebuah bagian dari sebuah skrup kecil yang ikut memberi manfaat bagi manusia dan makhluk Tuhan di semesta ini.

Oleh karena itu,saya menghindari sebisa mungkin untuk tidak mengisi terlalu banyak topik "politik' secara tidak seimbang dan hanya bagi kepentingan kelompok tertentu saja,Jikapun akan ada konten tentang tema politik,semata-mata karena perhatian saja kepada akitivitas politik secara umum.

Bingung ya..?

Yaitulah,saya bilang kalau saya kirim konten bicara politik suka gak tentu arah,Hehe.

Terima kasih,selamat malam semua.

0 comments: