Minggu, 21 April 2013

Bahasa Blogger dan Bahasa Baku

Dalam berbagai paparannya tentang menulis,Kang Pepih Nugraha suka menyatakan bahwa memang beda antara bahasa di media online dan di media cetak.Kalau di media cetak tentu harus menggunakan ejaan dan bahasa baku standar EyD yang baik dan benar.Tetapi di media online,bahkan di media mainstream sekalipun bahasa online suka menggunakan bahasa yang lugas,serba praktis dan kadang-kadang serba cepat,ringkas bahkan alay.

***
Ketika kita mau mempostinga di blog pribadi,tak usah takut dulu dengan banyak kesalahan atau terlalu terpaku pada kemampuan dan penggunaan berbahasa yang harus sangat baik dulu.Tulis sajalah dahulu,lalu sambil berjalan terus belajar dan diperbaiki.Jika belum menulis sudah takut salah,yah,ide menulisnya pasti sudah duluan lari menjauh,bahkan raib hilang entah kemana.

Waduh maaf jadi sedikit menggurui gan,hehe! Bukan menggurui,aslinya ini pengalaman saya ngeblog di wall yang sedang anda baca ini.

Sengaja tulisan dari sejak tanggal 5 Juni 2011 tidak saya edit-(editing) lagi,supaya saya bisa melihat segala kekurangan di saat pertama kali belajar membuka blog di sub domain blogspot.Bahkan nama blog ini sempat beberapa kali berubah nama.Pertama kali saya kasih nama wierodjampang.blogspot.com,lalu dirubah jadi nuranibernada.blogspot.com dari situ dengan bantuan saudara saya di tanah air,karena saya gaptek mencoba memakai nama domain dot com.Jadilah bernadaindo.com.Hostingnya masih tetap di blogger,hanya berganti nama domain saja dari asalnya nge-sub domain ke blogspot,kini jadi bernadaindo dot com.

Tulisannnya,waduh sangat brekele dan belepotan sekali di awal-awal memposting tulisannya.Anda bisa lihat betapa belepotannya bentuk tulisan saya di sekitar tahun-tahun awal berdirinya blog ini.

Untuk mau mengedit lagi dengan seksama,saya pernah membaca saran seorang guru menulis saya,bahwa kata sarannya :" Yang sudah salah di tulisan yang lalu di media online semacam blog pribadi,jika tidak ada terlalu banyak waktu senggang,dan kesalahannya tidak terlalu fatal,masih bisa disimak dan ditangkap maksudnya oleh pembaca,maka biarkanlah dulu! Lebih baik menulis saja postingan yang baru,melaju terus ke depan...!".

Jadi ya,kalau ada waktu saya edit lagi itu postingan jadul,tetapi prioritas ya terus melaju membuat postingan anyar saja dengan sekuat tenaga lebih baik dari postingan yang dulu-dulu.Baik dari bentuk tulisannya maupun dari esensi dan substansi tulisannya.

" Wong ini namanya media online kok,salah ketik (typing error) dikit mah atau salah pemenggalan alinea,biarin saja dulu,mendingan waktu yang ada dibuat untuk membuat postingan baru lagi yang lebih baik..!" lagi-lagi terngiang suara saran guru belajar menulis itu.

Hari gini kan pembaca online secepat kilat mau mengklak-klik tulisan kita.Perbanyaklah konten kalau mau terus ada pengunjung.Konten asli buatan sendiri tentunya.Begitulah petatah petitih selanjutnya guru-guru saya.Entahlah ini benar atau enggak,hehe.

Meskipun begitu,langkah tersebut untuk diawal-awal jadi blogger.Tentu saja,semua kaidah yang baik akhirnya harus terus belajar dan diamalkan.Jangan terlalu bebas tidak karuan.Maksud guru-guru kami mungkin,untuk mengasah menuangkan ide saja dulu,perkara bentuk tulisan dan ejaaan,bisa dibetulkan nanti,bisa diedit lagi dikemudian hari jika di media online.

Selamat mencoba terus menulis bagi teman dan sahabat yang sama seperti saya,kaum awam menulis dan masih belajar menulis gaya tulisan blogger.Dan tentu saja kasih ilmunya ya gan,bagi agan-agan yang memang sudah kampiun,sudah ahli dan pakar di bidang tulis menulisnya.

Kepada para penulis yang sudah membagikan ilmu menulisnya di website atau blog-blog pribadinya,atau di jaringan pribadinya,saya haturkan terima kasih,Semoga menjadi amal baik bagi Anda semua.

Salam silaturahmi,salam blogger.

4 comments:

fx offers optimal EFA supplementation for ANYONE interested in promoting optimal brain health and function,
and supporting focus, concentration, mood, and memory. Sometimes fruit that is slightly under-ripe can be a bit sharp
if this happens add a little good quality honey or stevia (a healthy sugar alternative).
The basic parts being the compressor (usually a hermetically sealed compressor), condenser (usually
air cooled condensers), expansion device, and an evaporator (the space where water is to be cooled).


my weblog - minuman berenergi

Bagi yang pengen join sama komunitas situs media sosialnya
orang indonesia, silahkan join disini
http://catchfriend.com/
Tampilan situs media sosial buatan orang indonesia, dengan bentuk skema, dan tampilan yang mirip dengan twitter.
Dan tentu saja dengan beberapa kelebihan, dan ini
adalah lebih spesial khusus buat orang Indonesia. Ayo, siapa yang belum join disini.
mari dimari

Check out my web page Situs Twitter Orang Indonesia

Furthermore, he reportedly tried his best to learn of the divorce announcement because
he felt 'devastated' by the split and told: 'I'm committed to this marriage and everything this covenant represents.
Diamonds are still the most popular choice when it comes to stones
for wedding rings however colored stones such as emeralds, rubies and sapphires
are becoming more and more popular. The sleek looking wedding
ring is a life time possession for a bride, for emotional
reasons.

Also visit my blog; Wedding Rings GSA Field

It's awesome to visit this site and reading the views of all friends about this piece of writing,
while I am also keen of getting familiarity.

Feel free to surf to my website: redirected