Minggu, 28 April 2013

Survei Tentang Khalayak Online Kompas.com Mendekati Benar dan Tepat

Sebuah survei sejenis ini apalagi dilakukan secara online,meskipun dilakukan oleh lembaga yang bonafide atau terpercaya sekalipun kebenaran kenyaataan hasilnya masih bisa dipertanyakan.Karena namanya juga survei online bisa saja jika ada kepentingan tertentu hasilnya bisa diatur direkayasa.

Tapi untuk hasil yang satu ini menurut pendapat pribadi saya,terutama poin tentang bahwa hasil survei kompasiana.com,khalayak pengguna dan pembaca media online kebanyakan adalah pengguna yang berusia antara 15 s.d 29 tahun.Khususnya pembaca kompas.com sebagai acuan.(sumber: seminarbahasakompas.wordpress.com).Mendekati kepada betul dan benar.

Artinya begitupun untuk pembaca kompasiana,situs dan blog kita di Indonesia.Katakanlah sama dengan pembaca kompas.com.

Mengapa saya mendukung mendekati benar hasil survei ini.Asumsi dan analisa sederhana saya adalah sebagai berikut:

Sebagai member blog komunitas kompasiana,siapa yang tak "girang' jika artikel yang kita kirim ke sana bisa masuk Headline (HL) atau Trending Artikel (Terpopuler d/h) atau tembus ke media cetak kompas freez (yang ini dibayar,saya pernah satu tulisan masuk sana).Namun dalam hal tulisan kita dibaca orang,menjadi relatif sifatnya.

Tidak semua artikel yang masuk HL (Headline) akan lantas banyak di klik pembaca.Tergantung topik yang diusung.Saya lihat jika topik tentang esek-esek,artis,selebritis,atau bahkan jiplakan dari media mainstream sekalipun,atau topik politik dan yang bombastis selera anak muda,pasti mau masuk HL atau tidak masuk HL,tulisan macam begini akan banyak dibaca (di klik member di sana).Apalagi yang artikel menuai perdebatan,bisa mencapai ribuan hit dalam hitungan 6 jam setelah dipublish.

Tetapi artikel tentang kewirausahaan,artikel pendidikan,wisata atau yang memerlukan bahasa kaku dan topik yang kurang populer,meskipun penting walau masuk HL bahkan Trending Topik sekalipun akan sepi pembaca.

Tidak jarang yang masuk HL,jika topiknya kurang populer dan kurang mengikuit selera anak muda (15-29th),hitnya dibaca orang hanya 300 hit saja.Bahkan bisa kurang dari itu.

Lain lagi jika artikel esek-eseks,politik dan agama yang memancing perdebatan.Bahkan topik berulang-ulang tentang selebritis,meskipun tak masuk Headline atau Trending Artikel dan tak masuk highlight,tetap saja tulisan akan dengan mudah memperoleh hit (dibaca) khalayak hingga ribuan hit.

Sama halnya kalau produksi film di tanah air.Sebuah film yang bermutu zaman dahulu misalnya sekelas film Tjut Nya Dhien,dilihat dari kualitas dan sebagainya jelas lebih bagus dan lebih bermutu.Namun lakunya di pasaran (baca: antusias penonton) jika dibanding Film-film populer dan film bertema esek-esek jauh sekali raihan menjaring penontonnya.Itulah selera pasar.

Sebuah tulisan di blog juga demikian,coba menulis yang baik dan bagus,tetapi topiknya kurang populer dan bukan yang sedang aktual atau trend.Meskipun tulisan kita kalau dinilai "guru bahasa' bisa meraih angka 9 kualitasnya,tapi belum tentu pembacanya di dunia maya akan banyak.

Tapi sebaliknya,coba lempar artikel yang kontroversial,berbau porno,selebriti atau topik sensitif agama,maka dalam sekejap tulsian maya Anda akan banyak dilahap khalayak,terutama di komunitas.

Jadi,saya percaya hasil survei kompas group tentang ini,bahwa usia terbanyak pembaca tulisan di media online adalah anak muda.Usia 15-29 tahun.

Mengapa kita cape-cape untuk berbicara tentang siapa pembaca karya kita di internet ? Lha,penting dong gan,masa kita mau nulis di ineternet,di media online lalu tidak ada yang baca? Ya,mubadzir atuh..!

Sebuah tulisan akan berpeluang banyak manfaat jika banyak dibaca dilihat disimak orang lain.Kalau hanya dilihat dan dibaca kita,namanya masturbasi,memuaskan diri sendiri saja toh.Hehe.

Namun ya kembali ke pendirian masing-masing saja akhirnya.Namun tak ada salahnya toh,kita juga seidkit memahami karakter para calon pengunjung website atau blog kita.Meskipun karakter kompas.com belum tentu adalah hasil pada umumnya khalayak internet,tetapi paling tidak bisa menggambarkan segmen pembaca blog kita juga.

Sebuah blog atau website akan lebih bermanfaat jika banyak pengunjung bukan?

Salam berkarya dan berkreativitas terus,selamat pagi.



3 comments:

This design is incredible! You obviously know how to keep a reader amused.
Between your wit and your videos, I was almost moved to start my own blog (well, almost...HaHa!) Great job.
I really loved what you had to say, and more than that,
how you presented it. Too cool!

my blog obat sakit maag

I absolutely love your blog and find many of
your post's to be precisely what I'm looking for.

Do you offer guest writers to write content for yourself?
I wouldn't mind publishing a post or elaborating on a lot of the
subjects you write concerning here. Again, awesome website!


Also visit my web page obat maag

When I originally commented I clicked the "Notify me when new comments are added" checkbox and now each time a
comment is added I get three e-mails with the same comment.
Is there any way you can remove people from that service?

Thank you!

Have a look at my website: gay porn